12 Kesalahan Saat Diet dan Cara Mengatasinya

Tips News

12 Kesalahan Berdiet dan Cara Mengatasinya

1.      Diet Berlebihan
Ingin menurunkan berat badan dengan cepat? Seringkali saat anda berpikiran seperti ini, maka anda akan melakukan diet berlebihan, dengan hanya mengkonsumsi buah dan sayuran setiap harinya. Tentu bila anda melakukan hal ini, maka anda dapat mengurangi jumlah kalori anda setiap harinya, sehingga berat badan anda tentunya akan turun. Akan tetapi, saat anda hanya mengkonsumsi sedikit kalori, maka anda membuat metabolisme anda menjadi lambat. Setelah anda tidak lagi melakukan diet ini, maka tubuh anda akan membakar kalori lebih lambat dan membuat anda kembali mengalami kenaikan berat badan.

2.      Tidak Sarapan
Tidak sarapan sepertinya merupakan cara mudah untuk mengurangi jumlah kalori anda, akan tetapi anda hanya akan membuat diri anda kelaparan sepanjang hari. Hal ini dapat berujung pada makan siang dalam porsi banyak dan mengemil.
Mengkonsumsi makanan tinggi protein dan serat sebagai menu sarapan anda dapat mengurangi rasa lapar di sepanjang hari. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan secara teratur setiap pagi lebih dapat menjaga berat badannya.

3.      Tidak Menghitung Jumlah Kalori Dalam Cemilan Anda
Anda mungkin menghitung berapa kalori yang ada pada setiap makanan anda, akan tetapi bagaimana dengan kalori pada cemilan anda? Jangan lupa untuk juga menghitung kalori pada setiap cemilan yang anda makan, anda dapat mencatatnya bila perlu sehingga anda dapat mengetahui berapa jumlah kalori yang anda konsumsi setiap harinya.

4.      Sama Sekali Tidak Mengemil
Jika anda mengkonsumsi cemilan dengan sembarangan maka anda dapat membuat berat badan anda meningkat, akan tetapi cemilan yang direncanakan mungkin akan memberikan efek yang berbeda.
Orang yang makan lebih sering dengan porsi kecil dan mengkonsumsi cemilan di antaranya lebih dapat mengendalikan rasa laparnya dan menurunkan berat badannya. Mengemil membantu metabolisme tubuh anda tetap tinggi, terutama bila anda mengkonsumsi cemilan tinggi protein. Kacang dapat menjadi pilihan cemilan yang baik. Para peneliti pun telah menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang sebagai cemilan lebih langsing daripada orang yang tidak mengkonsumsinya sebagai cemilan.

5.      Rendah Lemak Bukan Berarti Rendah Kalori
Berbagai makanan rendah lemak memang dapat berperan penting dalam diet anda. Akan tetapi, anda perlu ingat bahwa rendah lemak bukan berarti rendah kalori. Periksalah kandungan nutrisi pada kemasan makanan anda untuk mengetahui jumlah kalori, lemak, dan gula di dalamnya.

6.      Tidak Menghitung Jumlah Kalori Dalam Minuman
Jangan lupa untuk menghitung berapa jumlah kalori dalam minuman anda. Kopi atau minuman beralkohol yang anda konsumsi mungkin dapat mengandung beberapa ratus kalori. Bahkan jus buah dan minuman bersoda pun mengandung kalori. Selain itu, dengan mengkonsumsi berbagai minuman ini, rasa lapar anda pun tidak akan berkurang dan anda tetap harus makan sehingga anda berakhir dengan mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang telah direncanakan.

7.      Minum Air Putih Terlalu Sedikit
Air merupakan salah satu elemen penting untuk membakar kalor. Jika anda mengalami dehidrasi, maka metabolisme tubuh anda pun akan menurun dan membuat penurunan berat badan anda lebih lambat. Para ahli menemukan bahwa orang dewasa yang meminum setidaknya 8 gelas atau lebih air putih setiap harinya membakar lebih banyak kalori daripada orang yang minum lebih sedikit. Cobalah untuk menghabiskan satu gelas air putih setiap kali anda makan atau mengemil.

8.      Tidak Mengkonsumsi Susu
Susu full cream, keju, dan es krim merupakan hal-hal yang dilarang saat anda berdiet, akan tetapi para ahli menemukan bahwa tubuh membakar lebih banyak lemak bila anda mengkonsumsi cukup kalsium setiap harinya dan memproduksi lebih banyak lemak bila anda kekurangan kalsium.
Mengkonsumsi suplemen kalsium sepertinya tidak memberikan efek yang sama dengan saat anda mengkonsumsi berbagai susu dan produknya. Oleh karena itu, gantilah susu anda dengan susu rendah lemak dan tetap mengkonsumsinya.

9.      Sering Mengkonsumsi Makanan Siap Saji
Pada sebuah penelitian, para ahli menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan siap saji lebih dari 2 kali seminggu akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 5 kg lebih banyak daripada orang yang hanya mengkonsumsi makanan siap saji kurang dari 1 kali setiap minggunya.

10.  Menimbang Berat Badan Setiap Hari
Menimbang berat badan anda setiap harinya hanya akan membuat anda merasa frustasi dan tidak memberikan manfaat apapun. Akan lebih baik bila anda menimbang berat badan anda seminggu sekali. Anda dapat melihat lebih banyak penurunan berat badan yang membuat anda lebih termotivasi.

11.  Menetapkan Target yang Terlalu Tinggi
Menetapkan target yang terlalu tinggi dapat membuat anda merasa frustasi saat tidak mencapainya atau bahkan membuat anda tidak memulai diet anda karena tahu bahwa hal itu mustahil. Tetapkanlah suatu target yang realistis sehingga anda dapat merasa lebih termotivasi dan mengalami penurunan berat badan.

12.  Tidak Berolahraga
Jika anda tidak berolahraga, maka anda bergantung pada diet anda untuk menurunkan berat badan anda. Ingatlah bahwa bila anda lebih aktif, maka anda dapat makan lebih banyak dan tetap mengalami penurunan berat badan. Kuncinya adalah anda harus menemukan olahraga yang anda sukai.

Sumber: webmd

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *