Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

2015 Ini Indonesia Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Untuk Warganya

Suasana konferensi pers EF English Proficiency Index (EPI) di Hotel Kempinski, Jakarta. (Foto: Iradhatie W/Okezone)
Suasana konferensi pers EF English Proficiency Index (EPI) di Hotel Kempinski, Jakarta. (Foto: Iradhatie W/Okezone)
JAKARTA – Education First (EF) mengeluarkan hasil penelitian terbaru EF English Proficiency Index (EPI) terbaru. Kegunaan indeks tersebut, yakni mengukur tingkat rata-rata kemampuan bahasa Inggris orang dewasa di suatu negara.

Pada edisi kelimanya ini, 910 ribu orang dewasa usia 18-30 tahun di 70 negara telah melakukan tes yang dilakukan secara online. Hasilnya, Indonesia berada di urutan ke-32 dengan level kemampuan menengah.

Director of Educational Research and Development EF English Firts, Steve Croock mengatakan, EF EPI digunakan untuk membantu memetakan peningkatan kemampuan bahasa Inggris di suatu negara.
“Lima besar skor tertinggi adalah Swedia, Belanda, Denmark, Norwegia, dan Finlandia. Indonesia di level Asia peringkat delapan, di bawah Singapura, Malaysia, dan India,” ujar Croock di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Peningkatan hasil tes masyarakat Indonesia dari tahun sebelumnya, imbuh Crooks, tidak terlalu signifikan. Padahal di sisi lain bahasa Inggris menjadi alat komunikasi di seluruh dunia.
“India dan Argentina menjadi negara yang mengalami peningkatan cukup tinggi karena investasi pendidikan di negara tersebut juga mengalami peningkatan,” ucapnya.

Crooks memaparkan, berdasarkan data, tingkat rata-rata kemampuan bahasa Inggris perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Dia berharap, hasil penelitian ini mampu menunjukkan kebijakan pendidikan, kualitas sumber daya manusia, hingga tingkat perekonomian negara, terutama menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
“Kompetensi bahasa Inggris menjadi krusial untuk menghadapi persaingan global yang mencakup persaingan di berbagai sektor,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *