Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

5 Cara Belajar Agar Hasil Maksimum

Gak bisa dipungkiri, nilai yang baik dan IPK yang apik tetap punya peran penting dalam masa depanmu. Nilai yang baik membawamu masuk ke universitas dan jurusan idaman. Sementara IPK yang gak malu-maluin juga bisa mengantarkanmu ke pintu masuk perusahaan impian.

Pertanyaannya, gimana dong cara memastikan agar hasil belajar kita optimal?

Buatmu yang ingin output belajarnya selalu oke, Hipwee dan Quipper akan paparkan 6 caranya di sini.
  
1. Baca bahan yang sedang kamu pelajari keras-keras. Cara ini membantumu mudah mengingat

Baca materi yang kamu pelajari keras-keras
Baca materi yang kamu pelajari keras-keras via tumblr.com

Orang bisa melihatmu dengan sedikit aneh saat kamu melakukan cara ini. Tapi hey, study hacks ini cukup ampuh lho meningkatkan daya kerja otakmu. Bahkan ada sebuah riset yang menunjukkan bahwa ternyata kita bisa mengingat sesuatu sampai 50% lebih baik dengan membacanya keras-keras.
Dengan membaca bahan yang kamu pelajari keras-keras, secara tidak langsung indra bicara dan indra pendengaranmu bekerja di saat bersamaan. Tak heran, memorimu pun akan lebih tertancap kuat.

2. Terapkan 25 menit waktu fokus, dan 4 menit waktu istirahat

Terapkan 25 menit fokus, 4 menit istirahat
Terapkan 25 menit fokus, 4 menit istirahat via tumblr.com

Kadang kita susah belajar bukan karena malas atau materinya susah. Yang lebih sering mengganggu adalah distraksi yang sekarang makin banyak bentuknya. Mulai dari sosial media, acara televisi, sampai video terbaru dari vlogger kesayangan di YouTube yang meminta ditonton segera.
Biar fokus tetap terjaga, sebenarnya gampang kok caranya. Terapkan metode fokus 25:4. Set timer di ponselmu selama 25 menit. Dalam 25 menit itu kamu mesti fokus belajar atau mengerjakan tugas. Menjauhlah dari semua distraksi bahkan matikan internetmu jika perlu.
Saat 25 menit sudah berlalu, maka ini saatnya untuk kembali ke dunia nyata. Kamu bisa scrolling di sosial media, atau sekadar balas chat teman yang sudah menunggu 30 menit lamanya. Dengan cara ini dijamin deh fokusmu akan lebih terjaga.

3. Belajarlah sembari treating diri sendiri. Rasa santai dan senang bisa muncul karena ini

Treat yourself right
Treat yourself right via tumblr.com

Memanjakan diri di tengah belajar itu sebenarnya mungkin, lho. Kita tinggal harus cerdik mencari cara indulging diri sendiri tanpa harus kehilangan fokus di sesi belajar ini. Mulai dari meletakkan gummy bear di tiap poin materi yang harus kamu pelajari (kamu boleh memakan gummy bear nya setelah selesai mempelajari poin itu), sampai memanfaatkan gadget dan teknologi biar proses belajarmu gak lagi borong.
Quipper Video, bisa jadi cara yang asyik buat kamu belajar. Terutama buat kamu yang sedang mempersiapkan diri masuk universitas favorit. Di sini kamu bisa pilih mata pelajaran SBMPTN yang diminati, dan nonton tutor mengajar, bisa diulang-ulang dan ikut kuis interaktif setelah nonton. Karena videonya online kamu bisa nonton pakai gadget di mana saja dan kapan saja. Seru dan gak ngebosenin deh pasti..

4. Hubungkan materi yang sedang kamu pelajari dengan sesuatu. Bikin mind map kalau perlu

Mind map is the key!
Mind map is the key! via tumblr.com

Kemampuan untuk menghubungkan satu hal dengan hal lain amat terkait dengan kreativitas dan kecerdasan. Bahkan Steve Jobs pernah mengatakan,

“Creativity is just connecting things. When you ask creative people how they did something, they feel a little guilty because they didn’t really do it, they just saw something.”

Semisal nih, kamu sedang belajar soal sistem ekonomi Indonesia yang amat dipengaruhi oleh nilai tukar dolar terhadap rupiah dan tingkat inflasi. Daripada jauh-jauh memikirkan sistem ekonomi makro, kenapa tidak menghubungkannya ke warung makan di sebelah rumah yang harga ayam gorengnya selalu naik setiap nilai tukar rupiah melemah?
Menciptakan mind map juga bisa membantumu dalam hal ini. Breakdown materimu ke dalam mid map warna-warni, biarkan otakmu memproses informasi ini, dan lihat betapa proses ini bisa membantu nanti.

5. Jangan malas menggambar diagram. Dengan begini ingatan visual pun makin terekam

Dengan menggambar diagram, ingatan visual bisa lebih terekam
Dengan menggambar diagram, ingatan visual bisa lebih terekam via tumblr.com

Saat mempelajari sesuatu yang kompleks, menggambar diagram akan sangat membantu. Dibandingkan menghapal sesuatu dari diagram di buku, menggambar diagram sendiri akan membuat ingatan visualmu makin tertancap dalam.
Diagram buatan sendiri itu akan terekam di ingatanmu. Mulai dari cara kerja jantung manusia, diagram soal unsur kimia — semua akan lebih mudah diingat jika kamu gambar sendiri.

Via: Hipwee.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *