Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

9 Pengalaman Paling Unik Menabung dengan Celengan Favoritmu

Hemat pangkal kaya. Kelihatannya kata-kata itu mulai memudar di tengah masyarakat yang semakin konsumtif. Karena itu, orang yang suka nabung itu special banget, apalagi yang masih pake celengan seperti pengakuan blogger berikut ini:

Image via: huffpost.com
Image via: huffpost.com

1. INI CELENGANKU, MANA CELENGANMU. Aline Rogeleonick, via Kompasiana.

Image via tribunnews.com
Image via tribunnews.com

Kenapa ya, sepertinya celengan ayam begitu fenomenal di antara penyimpanan uang lainnya? Padahal setelah browsing-browsing, diketahui bahwa kata ‘celengan’ berasal dari bahasa jawa ‘celeng’ yang artinya babi. Jadi dulu, konon katanya penciptaan sebuah tempat penyimpanan uang pada awalnya berbentuk babi.
Saya sebagai ibu rumah tangga juga punya sedikit pengalaman. Pertama kali mulai mengisi celenganku yaitu saat awal 2012. Tapi kali ini celengannya bentuk jagung. Walaupun sama juga dibuat dari tanah liat, bukan plastik atau kaleng. Celengan jagung saya hanya bertahan satu tahun. Akhir 2012 saya menikah, dan ternyata cukup menguras tabungan, hahahha…
Lalu pada awal tahun sempat manyun. Selain tabungan habis, sehari-hari hanya mengandalkan gaji PNS semata. Semua juga tahu gaji PNS pas-pasan. Jadi terpaksa deh celengan jagungnya ditebok. Untuk ukuran uang receh, isinya lumayan Rp 450.000. Cukup buat ongkos angkutan umum sebulan. Sekarang udah mulai nabung lagi. Dan kali ini celengannya celengan ayam. Belinya juga jauh, di Lombok, pas honeymoon sama suami. Isinya khusus untuk koin Rp 1.000 aja. Nominal lain ga diterima, hehehe….

2. PENGALAMAN INVESTASI DI CELENGAN. Aha, via Catatan Kecil.

celengan-pecah
Image via baltyra.com

Aku mengenal uang sejak masuk sekolah dasar. Aku selalu diberikan uang saku sekitar 10 rupiah sekitar tahun 1981. Tiap kali ke sekolah, aku selalu membawa bekal makan dan minum. Uang saku itu boleh untuk jajan, tetapi mama selalu mengajakku untuk memasukkan uang sisa hasil jajan untuk dimasukkan ke celengan ketika pulang sekolah. Mama bilang, nanti kalau liburan sekolah kamu bisa membeli sepeda dari celengan itu.
Liburan sekolah tiba, akhirnya aku pecahkan celengan ayam itu. Hasilnya banyak sekali uang receh lima perak dan 25 sama-sama keluar dari celengan itu. Dari celengan itu aku berikan semuanya ke mama untuk dibelikan sepeda!
Liburan sekolah diisi dengan bermain sepeda roda tiga bersama teman-teman. Tahun berganti, dan aku mempunyai celengan yang lebih besar lagi. Celengan kucing, kemudian ada lagi celengan dari plastik yang berbentuk rumah. Celengan itu mempunyai kunci pada pintu rumahnya. Nah dengan celengan rumah plastik, praktis tidak perlu lagi untuk memecahkan celengan. Cukup membuka pintu rumah dengan kunci yang disimpan oleh mama…

3. MENCIPTAKAN CELENGAN DIGITAL PRIBADI. Lenih Liongitoro, via pelajaricaranya.

Image via pelajaricaranya.blogspot.com
Image via pelajaricaranya.blogspot.com

Ini bukan khayalan atau sekadar omong kosong belaka, karena melalui 8Share Indonesia, anda dan saya pasti bisa mewujudkannya. 8Share Indonesia akan memberikan reward bagi anda dan saya yang telah berkontribusi dan melakukan sharing informasi ke media sosial yang berkaitan dengan informasi tersebut.
Reward itu bisa dalam bentuk Uang Tunai atau Bonus Point yang dapat ditukar dengan hadiah, kemudian setelah anda melewati verifikasi cashout via email pada tanggal 20 setiap bulannya, dan jika verifikasi anda telah disetujui maka anda akan meneirma transfer sejumlah uang. Itulah yang disebut sebagai celengan digital.
Btw, kalau ingin tahu mengenai 8Share Indonesia, klik di sini.

4. #PEJUANG20RIBU, “SI HIJAU” PENGHUNI TOPLES BENING. Gilang Ayu, via Vemale.

Image via FB Amalia Putri
Image via FB Amalia Putri

Jika biasanya celengan terbuat dari tanah liat yang berbentuk ayam, jagung atau bentuk-bentuk lainnya. Bagi netizen satu ini, dia memilih untuk menggunakan toples bening yang isinya uang pecahan 20ribu rupiah yang disebutnya si hijau.
Ia terinspirasi dari postingan netizen Amalia Putri yang menggunakan toples bening sehingga memotivasinya untuk menambah isi dari toples beningnya itu. Sedangkan untuk pecahan 20 ribu ia kekeuhkan karena 20 ribu jumlah yang lumayan untuk ditabung, tidak terlau besar dan tidak terlalu kecil.
Bayangkan, dalam waktu 5 hari saja dengan nabung 20 ribu perharinya, maka bisa mendapatkan 100 ribu rupiah. Bisa beli pulsa sebulan nih, hehe. Tidak lupa untuk menambahkan mini kalender di toples tersebut, sehingga silang saja tanggalnya kalau kamu sudah menyetor 20 ribu pada tanggal tersebut.
Namun, untuk konsisten 20ribu per hari dan ditaruh dalam toples bening ini bukan berarti berjalan dengan mulusnya tapi pada akhirnya Gilang Ayu berhasil menabung sejumlah Rp. 600.000. Kesabaran itu memang berbuah manis, ya…

5. ALA BISA KARENA DIPAKSA! Ary Setyobudi via Arydoweh.

anak-sd
Image via coretankecil.com

Ini merupakan pengalaman Ary selagi SD. Ya, dalam menabung nggak cuma masalah menaruhnya dimana, tapi juga masalah niat dan kesungguhan hati (ciee…). Ary yang kala itu telah habis buku tulisnya, menangis sehingga diberikan buku gratis oleh ibu guru. Momen itulah yang membuat ia sadar bahwa ia harus menabung!
Memang tidak mudah, namun ia memaksakan diri untuk menyisihkan separuh dari uang saku dan memilih berjalan kaki ke sekolah. Alhasil dia dapat menghemat uang sakunya.
Dari penghematan dan penyimpanan di celengannya, Ary sudah bisa beli keyboard seharga 215 ribu-an. Itu adalah keyboard pertama yang ia beli dari hasil nabung. Hal inipun berlanjut sampai ia SMK. yang bisa membeli satu buah HP 650 ribuan dan 1 keyboard seharga 600 ribu. Wah, lumayan, yaaah.

6.  MENABUNG DENGAN CELENGAN RAKSASA COLLOSAL TITAN via toykepo.

colosal
Image via toykepo.com

Celengan yang seperti apa yang biasa kamu gunakan? bentuk ayam? bentuk peti harta karun? atau bentuk babi merah muda? udah biasa? Kalau mau nabung jangan setengah-setengah. Luruskan niat dan kuatkan tekad, dan dengan tabungan ini kamu akan menjadi semangat nabung. Selain bentuk yang besar, celengan collosal titan raksasa ini juga memiliki lubang yang besar untuk memasukkan tabunganmu. Jadi dengan bentuk sebesar itu kamu perlu usaha juga buat mengambil dikemudian hari.

7. MENABUNG DENGAN PELAHAP UANG via Vemale.

giphy
Image via giphy.com

Namanya Face Bank. Celengan ini berbentuk wajah dan kalau kamu mau menabung maka uang yang kamu masukkan akan dilahap olehnya seolah-olah dia mengunyah uang yang kamu masukkan tersebut. Hahaha serem atau termotivasi, ya? Mungkin kamu bisa menempelkan catetan di facebank itu dengan kalimat: “Gimme your money or I will eat you!” XD

8. AWAS, ADA SI KUCING PENGAMBIL KOINMU! via youtube.com

Kalau yang tadi kayaknya lebih serem, gitu ya. Kalau yang ini mungkin bisa buat kamu semangat karena bentuknya yang lucu nan ngegemesin. liat aja deh, begitu tombolnya ditekan, si kucing dengan manisnya mengambil uangmu dan taraaaaa, aman tersimpan! CUTE BANGET!!

9. BEKUKAN UANGMU! via wisebread.com

3162921347_3743b2e360_z
Image via wisebread.com

Kamu punya kulkas atau freezer nganggur? coba deh manfaatin dengan bekukan uangmu. Caranya hampir sama dengan membekukan makanan seperti biasanya. Habis itu kamu umpetin di kotak es krim. Dijamin deh yang tiba-tiba pengen makan es krim di rumahmu, bakal cairin tuh uang beku dan beli es krim pake uang itu. hahaha!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *