Bagaimana Pengaruh Sekolah Terhadap Penilaian SNMPTN?

Sebelum gue mulai membahas tentang pengaruh indeks sekolah, pertama gue mau ngasih tau aja kalo Halo Kampus melalui twitter @info_SNMPTN sudah ngadain survei SNMPTN tahun 2013, 2014 dan termasuk 2015 lalu. Tujuannya survei buat apa sih?
  1. Panitia SNMPTN tidak mempublikasikan indikator penilaian maupun proses penilaian SNMPTN. Jadi hasil SNMPTN itu ga bisa diprediksi.
  2. Indikator Penilaian SNMPTN yang dipublish beberapa PTN kurang memberikan informasi yang menyeluruh.

Nah, oleh karena itu gue ngadain survei kepada para siswa yang diterima di SNMPTN untuk mengetahui tren seperti apa sih siswa yang diterima SNMPTN itu. Dari sini kita bisa mengetahui persentase siswa yang diterima di Pilihan I, berapa perbandingan sekolah akreditasi A dengan B, berapa sebaran nilai, dll. pokoknya banyak banget. Nah hal-hal kayak gini lo ga bakal nemu di publikasi resmi panitia, karena memang datanya rahasia.
Sedikit cerita tentang survei ini: survei ini diisi oleh 1.931 siswa yang diterima SNMPTN 2015 dari bulan Mei sampe dengan bulan Agustus 2015. Jumlah sebenernya pas di form sih ada sekitar 2300an input data, namun dari data tersebut ada yang double, salah isi, ngasal atau palsu sehingga mesti dicut untuk pengolahan lebih lanjut. Disini gue ga bisa mengonfirmasi bahwa ke-1.931 data yang diisi 100% valid, namun gue berusaha semampu gue, berdasarkan pengalaman menjadi admin di @info_SNMPTN, kalo data-data yang diolah adalah wajar. Gue berusaha melihat kaitan-kaitan data yang diisi antar kolom, apakah wajar atau tidak. Jika tidak wajar maka akan gue cari tau permasalahannya, bisa googling atau gue mention anaknya langsung. Seperti misalnya ada anak yang diterima di UI sebagai PTN pilihan kedua. Karena gue anggap ini ga wajar, gue mention twitternya dan menanyakan hal tersebut.
Pada akhirnya semua gue kembaliin ke lo sebagai user. Mau memakai hasil survei ini atau lo tinggal aja.

Faktor Indeks Sekolah

Seperti yang telah kita ketahui, dalam indikator penilaian SNMPTN, selain nilai raport atau prestasi siswa, indeks sekolah juga mempengaruhi hasil SNMPTN. Indeks sekolah merupakan “nilai” sekolah di suatu PTN. Indeks SMA X di PTN A bisa berbeda dengan indeks SMA X di PTN B. Sayangnya, kita ga bisa nih mengetahui secara pasti indeks sekolah kita di suatu PTN. Yang bisa kita lakukan adalah memperkirakan indeks sekolah berdasarkan beberapa poin yang mungkin berpengaruh, antara lain:

  1. Akreditasi: A, B, C, Tanpa akreditasi
  2. Jenis kelas: Akselerasi, RSBI, Reguler
  3. IPK dan prestasi alumni di PTN yang dituju di PTN yang bersangkutan
  4. Nilai SBMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  5. Banyak diterima di SNMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  6. Track record sekolah di PTN yang bersangkutan
  7. Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional.

Namun seberapa pengaruh sih faktor-faktor penilaian indeks sekolah diatas dalam menentukan kelolosan di SNMPTN? Nah dalam survei ini moga-moga lo bisa mendapatkan gambarannya

Indikator Penilaian Sekolah di SNMPTN

1. Jenis Sekolah

jenis sekolah snmptn sma smkGue bertanya kepada 1931 siswa yang mengisi survei mengenai jenis sekolah mereka, apakah SMA atau SMK (pada survei ini, gue ga memasukkan pilihan MA). Hasilnya, dari 1931 siswa, yang berasal dari SMA ada 1905 siswa (99%) yang berasal dari SMA dan sisanya 27 siswa (1%) yang berasal dari SMK.
Dominannya SMA dibanding SMK ini mungkin salah satunya disebabkan karena indikator penilaian SNMPTN ini ga cuma ngukur nilai raport atau prestasi pribadi, tapi mengukur juga kualitas sekolah dan prestasi alumni sekolah yg mana kedua hal tersebut nilainya memang dominan SMA.

2. Jurusan Sekolah

jurusan-sekolah-snmptnDari 1931 responden yg diterima di SNMPTN 2015, mayoritas mereka berasal dari jurusan IPA dengan persentase 66% atau tepatnya 1269 siswa. Jurusan IPS dengan persentase 32% atau tepatnya 620 siswa. Lalu ddikuti oleh jurusan bahasa dan jurusan lainya dengan persentase masing-masing 1%.
Dominannya jurusan IPA di SNMPTN ini mungkin disebabkan karena jurusan IPA bisa mendaftar di hampir semua jurusan di SNMPTN. Sedangkan jurusan IPS, bahasa maupun SMK relatif lebih sedikit pilihan jurusan yang bisa diambil.

3. Akreditasi Sekolah

Akreditasi Sekolah
Mayoritas (90%) siswa yang diterima di SNMPTN berdasarkan survei berasal dari sekolah yang terakreditasi A. Sedangkan siswa yang berasal dari sekolah akreditasi sebanyak 2% dan sisanya menjawab tidak tahu. Setidaknya, dari 1931 siswa yang mengisi survei ga ada yang berasal dari sekolah yang terakreditasi C atau tidak terakreditasi.
Nah sekarang apa nih akreditasi sekolahmu?
Untuk mengecek akreditasi, lo bisa nanya ke BK sekolah atau bisa juga dicek secara online disini >> http://bansm.or.id/sekolah/sudah_akreditasi/
Namun website pengecekan tersebut masih belum well-formated sih, jadi mungkin lo ga nemu sekolah lo disitu.
Nah emangnya berpengaruh banget ya akreditasi sekolah itu?
akreditasi nasionalSebagai gambaran, lihat aja data rekapitulasi akreditasi sekolah tingkat SMA dan SMK secara nasional. Dari data tersebut bisa lo lihat sendiri bahwa persentasi sekolah yang terakreditasi A secara nasional sebanyak 43%, setara dengan sekolah yang terakreditasi B. Namun dari 1931 siswa diatas, 90% berasal dari sekolah akreditasi A. Hal ini menunjukan bahwa akreditasi sekolah menjadi faktor yang diperhatikan dalam penilaian SNMPTN.

4. Prestasi Sekolah

Prestasi Sekolah SNMPTNSetelah gue menggolongkan siswa yang diterima berdasarkan akreditasi, kali ini gue menggolongkannya berdasarkan prestasi sekolah. Karena akreditasi belum memperlihatkan prestasi sekolahnya baik di bidang akademin maupun non akademis. Dalam kata lain, akreditasi A belum tentu termasuk sekolah berprestasi.
Namun karena agak sulit mengukur prestasi, maka gue bagi menjadi 3 jenis sekolah, yaitu sekolah yg paling berprestasi, cukup berprestasi dan kurang berprestasi.
Nah hasilnya, ada 40% responden yang mengatakan bahwa sekolahnya paling berprestasi di kota/kabupatennya. 58% cukup berprestasi dan 2% mengaku sekolahnya kurang berprestasi.

5. Jumlah Alumni

Jumlah Alumni
Berapa jumlah alumni sekolah lo di PTN yang lo inginkan? Jika ga ada sama sekali, maka lo sebaiknya mempertimbangkannya lagi karena menurut hasil survei, cuma 3% dari 1931 responden yang mengaku bahwa ga ada alumni di PTN yang dia pilih. Peluangnya konsisten naik dari yang ga ada alumni sama sekali (3%), alumninya kurang dari 5 anak (16%), alumninya 5-20 anak (34%) dan alumninya lebih dari 20 anak (40%).
Jadi sebaiknya sebelum mendaftar, cek dulu di BK sekolah persebaran alumni sekolahmu di berbagai PTN.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *