Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

Cara Hidup Hemat Mahasiswa

Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA – Sikap boros menjadi salah satu kebiasaan buruk mahasiwa. Padahal, karena belum bekerja, kondisi keuangan mereka terbatas.
Bila kebiasaan boros ini terus berlanjut, maka bisa menjadi masalah. Guna menghindarinya, beberapa trik menghemat ini bisa diterapkan.
Jangan Ikut-ikutan teman
Penyebab boros pertama adalah banyak mengikuti gaya hidup teman. Hangout dan bersenang-senang boleh saja, asalkan tetap menyadari kondisi keuanganmu. Jika terbatas, lebih baik jangan mengikuti teman yang senang berfoya-foya. Lebih baik simpan uangmu dan digunakan untuk berbagai hal yang lebih berguna.
Jangan ikuti hawa nafsu
Keinginan biasanya mendorong kita untuk membeli sejumlah barang yang kurang bermanfaat. Pisahkan keperluan belanja karena memang butuh dan hanya karena ingin. Jangan ikuti hawa nafsu bila tidak ingin boros.
Belajar menabung dan mengatur keuangan

Menabung dan cerdas dalam mengelola keuangan menjadi kunci mahasiswa terhindar dari sikap boros. Bisa mengendalikan diri dan memilih untuk menabungkan uang yang kamu miliki adalah pilihan yang bijak.
Cari penghasilan sendiri

Meski masih mahasiswa kamu bisa mencari cara lain agar tidak selalu tergantung pada orangtua dalam urusan keuangan. Misalnya, mencari kesempatan magang karena banyak perusahaan menggaji karyawan magangnya. Uang tambahan itu bisa kamu kumpulkan dan dipergunakan pada saat-saat terdesak. Boros terhindari, bonusnya adalah dapat pengalaman kerja.
Gali ide bisnis
Daripada boros, lebih baik berpikir kreatif untuk menggali ide-ide menarik untuk melahirkan bisnis. Tidak perlu yang besar, ide bisnis sederhana namun bisa langsung terlihat hasilnya juga bisa kamu jalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *