Cara Hilangkan Stress Saat Kuliah Pascasarjana

JAKARTAStres bisa menjangkit siapa saja. Termasuk para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan pascasarjana. Agar stresmu tidak berlarut-larut, coba ikuti langkah berikut.
1. Menjalin hubungan baik dengan dosen pembimbing
Hubungan yang terjalin baik dengan dosen pembimbing bisa membuat kemajuan dalam tesis yang sedang dikerjakan. Selain itu, jangan menyembunyikan kesulitan saat mengerjakan tesis, membicarakannya dengan dosen pembimbing bisa membantumu menyelesaikan masalah tersebut.
2. Bantuan keuangan
Biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 memang tidak murah. Namun, banyak beasiswa dari pemerintah negara-negara asing dan berbagai lembaga donor yang bisa dimanfaatkan. Cari tahu juga potensi bantuan keuangan dari kampus.
3. Pergi ke pusat kebugaran
Stres juga bisa disebabkan karena kurangnya kamu berolahraga. Coba luangkan waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran atau sekadar jogging setiap hari. Olahraga bisa mengurangi stres yang kamu alami.
4. Bangun persahabatan
Sebagai mahasiswa pascasarjana, kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar. Nah, cobalah untuk luangkan waktu membangun interaksi dengan teman-temanmu. Keberadaan teman yang menghibur juga sangat penting untuk mengusir perasaan stres.
5. Menerima bantuan
Jika ada yang menawarkanmu bantuan, terimalah. Cari tahu juga lembaga apa saja di kampus yang bisa membantu beragam masalahmu selama kuliah, entah itu tentang akademis, keuangan maupun kehidupan personal

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *