Cara Membuat Kata Pengantar Makalah dan Proposal

Contoh kata pengantar makalah akan kami sajikan dalam ulasan kali ini kepada sahabatku semua yang sedang membutuhkan bahan dasar dalam pembuatan makalah. Sebelumnya kami jelaskan dahulu apa itu kata pengantar dan apa tujuan kita membuat kata pengantar. Kata pengantar adalah ringkasan kata yang dirangkai menjadi beberapa kalimat dan tersusun menjadi beberapa paragraf dimana akan mewakili atau merangkum apa isi makalah yang akan anda buat. Misalkan sahabat membuat makalah dengan teman Pendidikan maka kata pengantar yang baik adalah sahabat memberikan definisi arti dari pendidikan dari tokoh, kamus bahasa indonesia kemudian memberikan simpulan atas tema yang dibuat dengan demikian orang yang membaca makalah anda akan tahu garis besar isi dari makalah tersebut, kiranya itulah maksud dari adanya latar balakang pada sebuah makalah yang harus anda ketahui.

Dalam membuat kata pengantar makalah setidaknya kita harus faham dengan tema makalah kita dimana kita memberikan paparan isi pada paragraf pertama, kemudian memberikan gambar isi di paragraf selanjutnya dan memberikan simpulan isi dari makalah pada paragrgaf penutup. Ok, ini dibwah langsung kami sajikan contoh lengkap kata pengantar dalam makalah yang baik dan benar.

CONTOH KATA PENGANTAR


Kumpulan Contoh Kata Pengantar Makalah


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah Motor DC ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Ir. Bakri Jaya selaku Dosen mata kuliah Teknik Tenaga Listrik dan Penggerak Mula yang telah memberikan tugas ini kepada kami.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai pengertian, prinsip kerja, jenis-jenis motor DC, aplikasi dan perhitungan pada motor DC. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.

Karawang, Januari 2014Penyusun,


CONTOH KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya dengan baik.

Adapun makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.
Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadar sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin member saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki makalah ilmiah biologi ini.Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.

Bandung, Januari 2014Penyusun,


KUMPULAN CONTOH KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah, Sang Maha Pencipta dan Pengatur Alam Semesta, berkat Ridho Nya, penulis akhirnya mampu menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Fungsi Ganggang Bagi Kelestarian Ekosistem Danau Singkarak”.

Dalam menyusun makalah ini, tidak sedikit kesulitan dan hambatan yang penulis alami, namun berkat dukungan, dorongan dan semangat dari orang terdekat, sehingga penulis mampu menyelesaikannya. Oleh karena itu penulis pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada :
Ibu dan Ayah, atas semua doa dan bantuan finansial untuk menyelesaikan makalah ini.
Teman-teman Kelas III yang telah memberikan semangat dan motivasi bagi penulis untuk menyelesaikan makalah ini.
Spesial untuk Hani Handayani, karena telah dengan setia memberikan semangat dan cintanya yang tulus yang mendorong penulis menjadi orang yang lebih baik.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu segala kritikan dan saran yang membangun akan penulis terima dengan baik.
Semoga makalah “Fungsi Ganggang Bagi Kelestarian Ekosistem Danau Singkarak” ini bermanfaat bagi kita semua.

Padang, Januari 2014Penulis,


KATA PENGANTAR


Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Agama Islam.
Agama  sebagai  sistem  kepercayaan  dalam  kehidupan  umat  manusia  dapat  dikaji  melalui  berbagai  sudut  pandang.  Islam  sebagai  agama  yang  telah  berkembang  selama  empat  belas  abad  lebih  menyimpan  banyak  masalah  yang  perlu  diteliti,  baik  itu  menyangkut  ajaran  dan  pemikiran  keagamaan  maupun  realitas  sosial,  politik,  ekonomi  dan  budaya.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang kaitan Etos Kerja Bangsa Jepang dan Islam, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Mercu Buana. Saya sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jau dari sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen  pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  saya  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
Jakarta, Januari 2014
Penyusun,

Contoh Kata Pengantar Proposal – Nah untuk proposal biasanya anda butuhkan dalam hal pengajuan sebuah usaha, atau bisa juga proposal pengajuan judul skripsi. Jika proposal dalam usaha anda cukup memberikan gambaran usaha yang akan anda bangun dimasukan dalam inti proposal dan jika dalam proposal skripsi anda harus memberikan gamabaran umum dan khusus tentang judul yang akan anda buat skripsi, dimana judul itu harus di dukung oleh teori teori yang bagus dan nyata, sehingga proposal skripsi anda kuat dimata dosen pembimbing anda.

Sebagai inofomasi tambahan kami akan informasikan kepada anda bagaimana struktur tata dalam penulisan makalah proposal dan makalah skripsi yang baik dan benar dalam hal penggunaan EYD dan tata bahasa dibawah ini , dan harus anda perhatikan.


Sisitematika penulisan makalah yang baik dan benar :
  • Menggunakan kata yang baik dan benar (Baku) serta bersifat familiar,
  • Terdapat pembuka dan penutup,
  • Terdapat isi kata pengantar, Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta ucapan terima kasih dan sebagainya di bagian penutup,
  • Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah, Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah, Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga,
  • Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis, tanpa dibubuhi tanda tangan,
  • Harapan penulis atas karangan tersebut,
  • Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran,
  • Di tutup dengan penyusun atau pembuat suatu makalah

Nah, sekian dulu yang bisa kami informasikan kepada sahabatku dirumah mengenai dua tema yang sangat penting ini dimana nanti ketika kalian masuk sekolah atau bahkan sudah kuliah akan membutuhkan sekali yang namanya contoh kata pengantar makalah dan ketika kalian dimasa akhir setudi akan menemukan bagiamana cara dalam menulis kata pengantar proposal skripsi kalian. Semoga sukses selalu.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *