Ceker Ayam Ternyata Berbahaya

Ceker Ayam Berbahaya Bagi Kesehatan
Img Source: portalkesehatan.com


Ceker ayam biasanya dibuat sebagai bahan pelengkap bakso ataupun makanan lainnya, lalu apakah ceker ayam berbahaya ?

Mungkin sedikit susah ya buat nemuin penjual makanan ceker ayam yang ‘mungkin’ dapat dipastikan ceker olahannya bersih maksimal. Ya tau sendirilah sekarang bagaimana ? Beras aja pake pemutih + plastik, memang lucu juga negeri ini.

Ceker ayam secara fisik aja udah bisa digambarkan atau dipandang ‘kotor’ oleh sebagian orang. Bagaimana tidak ? ceker ayam kan salah satu tempat terkotor dari tubuh ayam. Buat nginjek tanah, nginjek kotoran, nginjek ‘sesuatu’ yang kotor tersebut memberi kesan kurang sehatnya ceker ayam untuk dikonsumsi. Tapi apa mesti begitu? Tidak semua begitu kok, secara kalo cara pembersihannya benar dan tepat mungkin akan mengurangi resiko ceker berkuman.

Penyebab ceker ayam ‘berbahaya’ saat dikonsumsi antara lain:

1. Kebersihan ceker ayam saat proses pencucian
Jangan macam – macam sama kebersihan makanan ya mate, bahaya loh! Bagaimana tidak? Makanan yang gak bersih kan mengandung banyak sekali kuman dan bakteri jahat yang gak bersahabat bagi tubuh. Alhasil, mereka akan membawa penyakit dalam tubuh kita ini disaat kondisi yang kurang sehat.

2. Kesehatan ayam
Ayam yang kurang sehat alias berpenyakit bisa jadi salah satu penyebab ceker ayam tidak layak konsumsi, seperti pepatah ‘buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya’. Misal, ayam yang hendak dikonsumsi itu mengidap penyakit H5N1 (flu burung). Kan kalo kita gak pandai – pandai milih, akibatnya juga pada diri kita sendiri.

3. Proses masak yang kurang matang
Daging ayam apalagi kalo bagian tubuh ayam semacam ceker, bisa dibilang paling rentang akan bakteri. Nah, maka dari itu untuk meminimalisir bakteri yang ada pada ceker ayam itu. Hendaknya ceker ayam dimasak sematang mungkin.


Lalu untuk sayap ayam sendiri mungkin hampir sama halnya dengan ceker ayam, sayap ayam juga bisa dikategorikan bagian tubuh ayam yang ‘kotor’ dibandingkan bagian tubuh lainnya selain ceker.
Mungkin faktor sayap berbahaya saat dikonsumsi hampir sama seperti faktor berbahaya pada ceker ayam, mayoritas bermasalah pada hal kebersihan.

Oke, udah dulu mate. Tunggu informasi lain (yang semoga bermanfaat) di blog kami ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *