Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

Daftar Beasiswa S1 di Jepang Yuk!

Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Punya passion untuk belajar bahasa Jepang dan melanjutkan studi S-1 di Negeri Sakura? Coba daftarkan diri ke program beasiswa dari pemerintah Jepang yaitu Monbukagakusho.
Program kuliah non-gelar di bidang Japanese Studies ini akan dimulai pada Oktober 2016. Jika lolos dalam program tersebut, kamu akan mendapatkan sejumlah fasilitas berupa tiket pesawat pulang-pergi Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/Osaka). Pemerintah Jepang akan menanggung biaya pendidikan serta biaya pembuatan visa pelajar serta memberikan tunjangan hidup sebesar 117 ribu yen per bulan. Kemudian penerima beasiswa juga akan diberikan fasilitas asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh mereka.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelamar yakni mahasiswa aktif yang menjalani perkuliahan S-1, yang mempelajari tentang bahasa, budaya serta sastra Jepang. Usia pelamar harus di bawah 30 tahun per 1 April 2016. Selain itu bagi mahasiswa di semester enam, harus mendapat rekomendasi universitas dengan sebelumnya sudah menjalani seleksi internal. Terakhir calon penerima beasiswa sehat jasmani dan rohani.

Deadline pendaftaran ditutup pada 11 Januari 2016. Semua dokumen harus ditranslasikan ke dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris dengan masing-masing rangkap tiga serta dicetak pada kertas ukuran A-4.

Berikut dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan:
1. Surat rekomendasi dari kampus, ditulis dalam bahasa Inggris dan Jepang.
2. Formulir aplikasi diisi dalam bahasa Jepang dan Inggris.
3. Pas foto berwarna, ditempel di setiap formulir.
4. Surat keterangan dari perguruan tinggi yang menyatakan bila pelamar adalah mahasiswa dari universitas tersebut.
5. Surat rekomendasi dari ketua jurusan ataupun pembimbing tentang pribadi mahasiswa tersebut.
6. Fotokopi transkip nilai mulai semester pertama sampai sekarang dalam bahasa Inggris, dilegalisasi dan dicap basah dari kampus.
7. Fotokopi sertifikat Nihongo Noryoku Shiken/JLPT, kalau ada.
Untuk informasi lebih jelasnya, kamu bisa membuka website Kedutaan Besar Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *