Empat Hal Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru

Beberapa hal yang harus dilakukan mahasiswa di tingkat pertama. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

JAKARTA – Tingkat pertama merupakan masa ketika seorang mahasiswa baru menjalani masa adaptasi terhadap lingkungan kampus. Kamu akan mengalami berbagai perubahan dari saat menjadi pelajar hingga akhirnya menjadi seorang mahasiswa
Agar kamu bisa melewati tingkat pertama dengan baik dan lancar, terdapat setidaknya empat hal yang harus kamu lakukan. Simak ulasannya berikut ini.
1. Kenali lingkungan kampus
Kamu harus tahu di mana letak perpustakaan, bank, klinik, tempat ibadah, dan tempat-tempat penting lainnya di kampus. Sehingga, ketika ada keperluan, kamu tahu ke mana harus pergi. Hafalkan juga ruangan-ruangan dosen dan ruang administrasi jurusan atau fakultas untuk mengumpulkan tugas atau mengurus berkas.
2. Mencari teman dekat
Bertemanlah dengan banyak orang, baik teman seangkatan maupun senior. Meski demikian, kamu juga harus punya teman dekat atau sahabat yang bisa diandalkan. Bukan berarti harus membuat geng, tetapi setidaknya ada beberapa teman yang bisa diajak membicarakan berbagai hal, hingga masuk ke tingkat berikutnya, bahkan sampai lulus kuliah nanti.
3. Tentukan minat
Masa kuliah adalah saat yang tepat untuk mengembangkan diri. Pilih salah satu organisasi, UKM, atau komunitas di kampus yang bisa mengembangkan potensimu. Jangan jadi mahasiswa yang hanya kuliah. Sebab, dengan berorganisasi bisa menambah soft skill dan menambah jaringan yang berguna bagi masa depanmu nanti.
4. Belajar
Kamu tidak bisa melupakan masalah akademis. IPK tingkat pertama akan menentukan IPK di tingkat berikutnya. Jadi, supaya kamu tidak keteteran di semester depan, kamu harus buat IPK yang baik sejak awal masuk kuliah. (ira)

Source: Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *