Hobi Kamu Bisa Jadi Uang Loh! Begini Caranya

 Ilustrasi: Shutterstock
JAKARTA – Mengisi waktu luang di sela kesibukan kuliah dengan berbagai hobi memang asyik. Lebih asyik lagi jika bisa menghasilkan uang dari kegiatan tersebut. Bila kamu tertarik untuk menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan tambahan selama kuliah, daftar ini bisa membantu.

Fotografi
Jangan sekadar mengambil gambar dan menyimpannya di hard disk komputer. Berlatihlah menjepret berbagai angle menarik dan menghasilkan karya fotografi yang baik. Kemudian, coba jual hasil fotomu ke berbagai media atau mulailah menjadi fotografer freelancer untuk berbagai kesempatan.

Menulis
Bila suka menulis, kamu bisa coba untuk membuat artikel dan mengirimkannya ke media masa. Kamu bisa juga membantu pembuatan majalah atau mengisi konten di website dengan menjadi penulis lepas. Cara ini membuatmu tetap bisa fokus kuliah tetapi juga mendapatkan penghasilan tambahan.

Bahasa Asing
Memiliki passion dalam bahasa asing tidak hanya berguna untuk kariermu nanti ketika lulus. Mengapa tidak memanfaatkannya untuk hal lain? Kamu bisa menjadi translator pemula atau mengajar di lembaga kursus bahasa asing.

Bermain Musik
Punya teman dengan hobi bermusik juga? Coba buat band dan ikuti berbagai kompetisi musik. Kamu bisa juga manggung dari kafe ke kafe di akhir pekan. Jika skill bermusikmu lumayan, kamu bisa juga menjadi guru musik.

Desain
Manfaatkan keahlian desainmu dengan membuka biro desain kecil-kecilan. Jika jago dengan software desain, kamu bisa mulai menjual jasamu untuk membuat berbagai rancangan publikasi acara di kampus. Jika jago merancang baju, promosikan desainmu kepada teman-teman yang ingin tampil beda. Sambil mengasah skill, kamu juga bisa mengumpulkan rupiah, kan?

Selamat berkreasi dengan hobi!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *