Ini Dia Rahasia Lulusan Para Cumlaude

Beberapa rahasia supaya bisa lulus dengan predikat cum laude. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
Beberapa rahasia supaya bisa lulus dengan predikat cum laude. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
JAKARTA – Mendapat nilai sempurna menjadi impian setiap mahasiwa. Dengan selalu punya nilai A di setiap mata kuliah maka peluang lulus dengan predikat cum laude semakin terbuka lebar.
Lantas, apa sih rahasia supaya setiap mata kuliah yang diambil bisa dapat nilai sempurna? Berikut ini paparannya.
1. Pahami materi
Supaya bisa mengerjakan tugas beserta ujian, pahami setiap materi dalam suatu mata kuliah. Perhatikan saat dosen menerangkan. Kemudian, baca modul dan buku pendukung lainnya untuk memperkuat pengetahuan dan wawasan. Jika perlu cari jurnal-jurnal sebagai referensi tambahan.
2. Review
Jangan menjadi mahasiswa yang saat diterangkan masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Jika seperti ini maka saat masuk bab baru kamu akan melupakan bab sebelumnya. Oleh karena itu, lakukan review materi secara berkala. Cara ini juga berguna agar saat ujian kamu tidak keberatan dalam menghafal bahan-bahan yang diujikan.
3. Pahami aturan main
Selain unggul di bidang akademis, perhatikan juga aturan main dosen. Misalnya dalam satu semester biasanya kehadiran minimal dalam kelas 75 persen. Berarti, kamu hanya diberi kesempatan tiga kali tidak masuk kelas. Manfaatkan kesempatan tersebut dengan bijak supaya tidak terkena sanksi administrasi.
4. Aktif
Jadilah mahasiswa yang aktif di dalam kelas. Ketika aktif, dosen atau asisten dosen akan lebih mengenalmu. Nilai partisipasi kelas juga akan membantu perolehan nilai di akhir semester nanti.

5. Dekat dengan dosen
Dekat dengan dosen membawa banyak manfaat. Kamu akan mudah mendapat surat rekomendasi untuk mendapat beasiswa. Selain itu, keuntungan lainnya, yakni bisa mendapat bahan kuliah atau buku tambahan, serta menjadi mentor untuk mata kuliah tertentu. (ira)
Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *