Jadi Pengusaha Sukses di Jepang Berkat Tempe, Ini Dia Sosok Rustono

Rustono jadi Pebisnis Sukses di Jepang Berkat Tempe Ilustrasi (Thinkstock/Riki Risnandar)

Jakarta, CNN Indonesia — Tahukah kalian kalau tempe sudah go international? Tempe atau yang oleh orang asing lebih dikenal dengan tempeh, merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari fermentasi kedelai. Kini sudah banyak resep-resep makanan di website international yang menggunakan tempe sebagai bahan utama.

Tempe bahkan telah mengantarkan seorang wirausahawan Indonesia pada kesuksesan. Di Jepang, ada seorang pebisnis tempe asal Indonesia yang sangat sukses bernama Rustono.

Rustono awalnya berimigrasi ke Jepang pada tahun 1997 karena menikah dengan wanita asal negeri sakura tersebut. Rustono yang awalnya bekerja sebagai karyawan swasta ingin mencoba peruntungannya di dunia kuliner.

Proses bisnisnya tidak berjalan lancar, selama 4 bulan proses trial and error berlangsung, hingga ia rela kembali ke Indonesia selama 3 bulan untuk belajar cara pembuatan tempe yang benar dari pembuat tempe di sekitar pulau Jawa.

Kini bisnis pria asal Grobongan, Jawa Tengah itu telah menuai kesuksesan. Usaha yang awalnya hanya usaha kecil rumahan, sekarang “Rusto’s Tempeh” sudah memiliki pabrik di pinggir sebuah hutan di Jepang yang bermata air seluas 1.000 meter persegi.

Tempe Makin Populer di Dunia

Tempe terkenal di kalangan vegetarian dunia. Bagi vegetarian, tempe merupakan pengganti daging. Tempe yang tadinya hanya dikenal bangsa Indonesia, kini telah go international. Karena hal tersebut, tempe diproduksi oleh negara-negara lain di dunia seperti, Amerika Serikat, Belanda, Jepang, dan lain-lain.

Namun sebenarnya tempe sudah lama dikenal oleh dunia. Di Amerika Serikat tempe pertama kali diproduksi untuk penelitian pada tahun 1958. Lalu di Jepang tempe sudah diproduksi secara komersial sejak tahun 1983. Dan di Eropa, tempe telah populer dari tahun 1946.

Pada tahun 1984 sudah tercatat ada 18 perusahaan tempe di Eropa, 53 di Amerika, dan 8 di Jepang.

Sebenarnya makanan yang memiliki banyak khasiat dan bergizi ini, sudah go international sejak dulu, namun kini makin disadari oleh masyarakat karena maraknya resep-resep vegetarian di berbagai website yang menggunakan tempe. (ded/ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *