Kuota SNMPTN 2016 Dikurangi ? Belum Ada Pengumuman Resmi dari Pihak DIKTI

http://i1.wp.com/dikti2.dikti.netdna-cdn.com/wp-content/data/data/2015/02/logo-snmptn1.jpg?w=960
SNMPTN 2016

JAKARTA – Tempo hari lalu beredar kabar bahwa kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dikurangi. Namun, kenyataannya sampai sekarang belum beredar informasi secara pasti dari dikti sendiri. Pasalnya, perencanaan pengurangan kuota untuk SNMPTN perlu dipertimbangkan matang-matang.

Tahun lalu, SNMPTN memiliki jatah maksimal 50% dari total keseluruhan seleksi calon mahasiswa, SBMPTN 30% dan Seleksi Mandiri 20%.

Diwebsite resmi DIKTI sendiri (dikti.go.id) belum ada tanda – tanda akan dikuranginya kuota SNMPTN. Tuntutan dari berbagai pihak mengenai diberlakukannya kuota SNMPTN yang lebih banyak dinilai kurang kompetitif. Dikarenakan seleksi itu konon masih menjadi misterius, kriteria seperti apa yang menjadi acuan dalam penerimaan calon mahasiswa jalur SNMPTN juga masih belum diketahui secara pasti. Semua itu menjadi rahasia para panitia penyeleksi, untuk Kemenristek Dikti dengan kampus akan memastikan kebijakan yang dilakukan.

Muhammad Nasir, Dok. Jawa Pos

“Saya melihat laporan sementara, SBMPTN dilihat dari prestasi akademik (mahasiswa) lebih baik dari SNMPTN, ini yang harus kami kaji, apakah karena pengukuran SNMPTN tidak jelas atau bagaimana,” ucap Nasir di Kemenristek Dikti, Jakarta, Senin (12/10).

“Jumlahnya berapa persen akan dipertimbangkan, apakah nanti 40:40 atau 60:20 masih akan dikaji,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *