Langkah Mudah Ngampus di Amerika

Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock

BANYAKNYA perguruan tinggi dan program studi unggulan menjadikan Amerika Serikat sebagai negara favorit bagi pelajar internasional. Selain berstandar tinggi, lulusan perguruan tinggi dari negara ini diakui dunia.
Syarat pendaftaran bagi calon mahasiswa di Amerika bisa jadi berbeda untuk tiap institusi. Namun, biasanya ada syarat umum yang bisa dipenuhi mereka yang berminat studi di Negeri Paman Sam ini sejak jauh-jauh hari. Berikut daftarnya, seperti disitat dari Education USA, Minggu (29/11/2015):
Formulir pendaftaran online, termasuk informasi personal, sejarah pendidikan, dsb.
– Dokumen akademis berupa ijazah dan transkrip nilai terakhir, yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
– Sertifikat nilai tes standar lain seperti TOEFL dan SAT. Ada juga institusi yang meminta calon mahasiswanya mengambil tes kemampuan berbahasa Inggris yang disesuaikan dengan bidang studi, setelah tiba di Amerika.
– Informasi paspor dan visa pelajar.
– Formulir lain seperti informasi keuangan, bukti asuransi kesehatan, bukti vaksinasi.
Surat rekomendasi biasanya diperlukan bagi pelamar jenjang sarjana dan pascasarjana. Surat rekomendasi ini bisa diminta dari kepala sekolah atau dosen di jenjang studi terdahulu. Atasan dari pekerja profesional bisa juga menulis surat rekomendasi ini. Hal yang perlu diingat, penulis surat rekomendasi harus mampu menulis tentang pekerjaan dan potensi yang dimiliki pelamar dalam mengejar studi lanjutan.
Esai atau pernyataan personal menjadi dokumen lain yang harus disiapkan calon mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Esai harus ditulis secara jelas namun ringkas, serta persuasif. Calon mahasiswa harus memberi penekanan pada keunikan, kekuatan dan kemampuan mereka untuk menunjukkan bahwa merekalah kandidat yang tepat untuk menjadi peserta program studi yang dilamar. Sebagian program studi menjadikan esai sebagai aspek paling penting dalam berkas pendaftaran calon mahasiswa.

Deadline
Tenggat pendaftaran akademi komunitas biasanya lebih cair ketimbang perguruan tinggi dengan empat tahun masa studi. Jadi, calon mahasiswa akademi komunitas bisa memilih satu dari beberapa gelombang pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhannya.
Sementara itu, pada jenjang S-1, biasanya kampus menetapkan November dan Januari sebagai periode terakhir pendaftaran calon mahasiswa. Perkuliahan sendiri akan dimulai pada September.
Informasi tentang deadline pendaftaran ini harus diperhatikan betul agar calon mahasiswa bisa mempersiapkan diri dengan baik. Selalu cek ulang ke website resmi kampus tujuan. Calon mahasiswa juga harus memastikan mereka telah memenuhi semua persyaratan sesuai ketentuan serta mengikuti instruksi pendaftaran dengan benar.
Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *