Lanjut S-2 Tidak Hanya Butuh Biaya

Biaya bukan satu-satunya hal yang harus dipikirkan untuk melanjutkan S-2. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 kerap dihubungkan dengan masalah biaya. Padahal, masih ada hal lain yang dibutuhkan untuk benar-benar mantap melanjutkan pendidikan S-2.
Ini dia hal-hal yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan ke S-2, sebagaimana telah dirangkum Okezone.

1. Pengalaman
Melanjutkan S-2 berarti kita memperdalam ilmu yang sudah dipelajari. Tanpa adanya pengalaman yang dimiliki, bagaimana kita bisa tahu mengenai tesis apa yang nantinya bisa dikerjakan. Dengan memiliki pengalaman, kamu akan bisa menyeimbangkan ilmu yang sudah diterima dengan apa yang pernah didapat di lapangan.

2. Mental
Tidak hanya biaya, mental yang siap juga menjadi penentu keberhasilanmu menyelesaikan S-2. Karena itu, pikirkan baik-baik keputusanmu jika ingin melanjutkan S-2.

3. Tanggung jawab
Selama mengambil perkuliahan S-2, kamu harus lebih bertanggungjawab dengan segala keputusan. Tidak ada lagi alasan untuk malas masuk kelas atau tidak mengerjakan tugas. Karena itulah, tanggung jawab sangat perlu dimiliki.

4. Rencana jangka panjang
Kamu juga harus pikirkan apa rencana jangka panjang mengenai keputusan mengambil S-2. Apa yang akan kamu lakukan usai mendapat gelar tersebut. Jangan sampai kamu tidak memiliki rencana di masa depan, sehingga membuat pendidikan S-2 kamu menjadi sia-sia.

5. Goals
Pastikan dengan mengambil pendidiak S-2, goals atau tujuan yang ingin kamu dapatkan bisa tercapai. Seperti usai lulus nanti, kamu akan bekerja di suatu perusahaan terkemuka. Dengan begitu, perjuanganmu melanjutkan studi ke jenjang S-2 ada hasilnya. (afr)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *