Lima Fakta Keren dibalik Mahasiswa yang Suka Begadang

Foto: Ilustrasi (Shutterstock)
Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Memasuki masa kuliah, seorang mahasiswa akan akrab dengan kebiasaan begadang. Waktu 24 jam sehari seakan tak cukup untuk melakukan semua kegiatan, dari kuliah, mengerjakan tugas, kerja kelompok, organisasi, hingga main bersama teman.
Begadang diketahui sebagai kegiatan tidak sehat. Tapi di balik kebiasan itu, ternyata ada beberapa fakta menarik yang membuat para mahasiswa justru bisa survive menjalani perkuliahan.

1. Mudah dapat inspirasi
Mahasiswa yang sudah biasa begadang biasanya mudah mendapat inspirasi di malam hari. Oleh karena itu, mereka lebih efektif dan konsentrasi menyelesaikan tugas atau pekerjaan di malam hari ketimbang siang.

2. Kerja keras
Jangan salah, mahasiswa yang suka begadang belum tentu karena malas bekerja di siang hari. Sebaliknya, mereka merupakan pribadi yang mau bekerja keras dalam meraih sesuatu. Misalnya untuk mendapat nilai memuaskan saat ujian, mereka rela belajar hingga malam.

3. Pantang menyerah
Pasti kamu sering mendengar istilah sistem kebut semalam (SKS) saat menghadapi ujian. Mahasiswa dengan pola belajar seperti itu akan begadang semalaman untuk menghafal dan memahami seluruh materi ujian. Meski itu merupakan kebiasaan yang kurang baik, di sisi lain mahasiswa tersebut telah mencerminkan sifat pantang menyerah dan gigih sebelum menghadapi ujian keesokan harinya.

4. Sibuk
Mahasiswa yang selalu begadang mungkin saja disebabkan memiliki kesibukan di waktu siang, seperti kerja paruh waktu, serta sibuk mengikuti organisasi dan kepanitiaan. Kondisi tersebut menyebabkan mereka hanya punya waktu senggang saat malam hari.

5. Kebiasaan
Kebiasaan begadang dan jam tidur yang kacau membuat mereka sudah memiliki strategi sendiri dalam menghadapinya. Misalnya, mahasiswa yang biasa SKS memiliki kelebihan belajar dalam waktu yang singkat dan membuat mereka mudah untuk memasukkan ilmu di kepala. Tak jarang beberapa cara kreatif juga dilakuakn supaya mampu menghapal dengan cepat. (ira)

Pencarian :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *