Miris! Sudah Setahun Para Siswa Ini Belajar di Kandang Kambing

Ilustrasi. (dok.Okezone)
Ilustrasi. (dok.Okezone)
PONOROGO – Sejumlah siswa terpaksa belajar di kandang kambing di Ponorogo, Jawa Timur. Gurunya adalah Suyansih, yang tak mendapat gaji tetap dari pemerintah.
Hari ini gilirannya mengajar siswa taman kanak-kanak di Balai Desa Sidowayah, Kecamatan Jambon, Ponorogo. Ruang PKK di balai desa itu telah dijadikan sebagai tempat belajar bagi 34 siswanya.

Usai mengajar di sana, Suyansih pindah tempat untuk mengajar di lokasi lain. Yakni di kandang kambing yang jaraknya sekira 5 kilometer dari Balai Desa Sidowayah.
Ruang kelasnya berupa kandang kambing yang disekat. Jadi, satu sisi kadang kambing, satu bagian lainnya disulap menjadi ruang kelas.

Karena bersebelahan dengan kandang kambing, suasana sangat tidak sehat. Selain bau kambing dan kotorannya, terkadang kambing mengamuk.

Kegiatan belajar mengajar dilakukan di kandang kambing ini sudah berlangsung sekira satu tahun. Namun belum ada penanganan dari pemerintah, dan yang mengkhawatirkan adalah jika kambing lepas dan mengamuk menyerang siswa.

Meski kondisi kelas tidak layak dan membahayakan keselamatan, para siswa itu tetap semangat belajar. Demikian juga Suyansih, meski tak digaji pemerintah, ia tetap mengajari anak didiknya.
“Ya capek, tapi ini demi anak anak. Anak anak perlu kami, perlu pendampingan kami. Kami jalani saja seperti ini. Bagaimana lagi, di sini adanya seperti ini,” ucap Suyansih. Meski begitu ia berharap mendapat perhatian pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *