Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

Peluang Kuliah Gratis di China, Siapa Mau?

Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Ada pepatah mengatakan, “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China.” Nah, peluang beasiswa ini bisa kamu manfaatkan untuk mendulang pengetahuan di Negeri Tirai Bambu tersebut.
Program Chongqing Municipal Government Mayor Scholarship terbuka bagi mahasiswa internasional untuk menempuh studi pada berbagai universitas di Chongqing, China. Ada dua tipe beasiswa yang bisa diraih. Beasiswa kelas pertama akan memberikan dana 10 ribu RMB per tahun kepada mahasiswa non gelar, 25 ribu RMB per tahun untuk mahasiswa S-1, 30 ribu RMB per tahun untuk mahasiswa S-2 dan 35 ribu RMB per tahun kepada mahasiswa S-3.

Sedangkan beasiswa kelas kedua akan memberikan 8.000 RMB per tahun untuk mahasiswa non gelar, 10 ribu RMB per tahun bagi mahasiswa S-1, 15 ribu RMB per tahun kepada mahasiswa S-2 dan 20 ribu RMB setiap tahun kepada mahasiswa S-3. Kedua jenis beasiswa itu berdurasi satu tahun ajaran.

Peminat bisa mendaftarkan diri untuk beasiswa di berbagai bidang studi. Beasiswa juga tersedia untuk jenjang S-1 hingga S-3. Selain calon mahasiswa baru, mahasiswa yang sudah menempuh pendidikan di Chongqing juga bisa mendaftar beasiswa ini. Pendaftar harus dalam keadaan sehat, sesuai keterangan dari institusi kesehatan di China.

Batasan usia bagi pelamar S-3 adalah maksimal 40 tahun. Usia maksimal bagi pelamar S-2 adalah 35 tahun. Pelamar S-1 harus berusia maksimal 25 tahun. Sedangkan pelamar studi tanpa gelar harus memiliki ijazah SMA dan berusia maksimal 45 tahun.

Pelamar harus mengirimkan berkas lamaran langsung ke Kantor Pendaftaran Mahasiswa Internasional di kampus tujuan melalui jasa pos. Siapkan berkas lamaran ini dalam tiga rangkap:
1. Formulir pendaftaran, hubungi perguruan tinggi tujuan untuk informasi lengkap;
2. Ijazah dan transkrip nilai terakhir yang sudah diterjemahkan ke bahasa China atau Inggris, serta dilegalisasi. Pelamar yang sedang menempuh studi di China harus melampirkan kartu rencana studi dan transkrip nilai terakhir;
3. Rencana studi, dapat ditulis dalam bahasa China atau Inggris;
4. Dua surat rekomendasi bagi pelamar studi pascasarjana dari perusahaan atau sekolah terdahulu dalam bahasa Inggris atau China;
5. Surat penerimaan dari perguruan tinggi;
6. Salinan formulir pemeriksaan kesehatan bagi warga asing; dan
7. Fotokopi paspor.

Pendaftaran dibuka hingga 31 Maret 2016. Informasi lengkap tentang beasiswa ini bisa disimak di laman Study in China.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *