Pengalaman Kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis

Ketika mendengar kata “administrasi”, apa yang terlintas dalam benakmu? Pencatatan? Berkas-berkas? Ya, sebagian besar dari kita akan menjawab seperti itu. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya administrasi bukanlah sesederhana itu? Bahwa dalam administrasi terdapat catat-mencatat itu adalah benar, tetapi kalau pengertiannya disederhanakan menjadi sekedar catat mencatat dan urusan berkas itu adalah sebuah kekeliruan.
             

            Bagaimana awal mula istilah administrasi bisa mengalami degradasi? Begini ceritanya…
            Pada tahun 1916 seorang ilmuwan Perancis bernama Henri Fayol mengeluarkan sebuah buku yang berjudul Administration Industrielle et Generale” sebagai landasan tentang bagaimana mengelola suatu organisasi (fungsi administrasi). Anehnya buku ini justru kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul “General and Industrial Management”.  

            Sejak saat itu banyak terjadi kesalahpahaman bahkan penyamaan istilah manajemen dengan administrasi. Di luar negeri, khususnya di negara-negara anglo-saxon, istilah manajemen lebih popular dibandingkan administrasi. Indonesia yang merupakan jajahan Belanda mengartikan administrasi dalam arti sempit yang berasal dari bahasa Belanda “administratie”  yang berarti tata usaha, sedangkan manajemen berkembang sesuai dengan proporsi aslinya.

            Dari pengertian “murni” di atas, Administrasi Bisnis hadir di tengah kebutuhan dunia akan seorang yang mampu mengelola sesuatu urusan dan organisasi. Dahulu, administrasi bisnis dikenal dengan sebutan administrasi niaga. Prof. Winardi, Guru Besar Ekonomi Universitas Padjadjaran sejak tahun 1993 mengkritik penerjemahan business administration menjadi administrasi niaga. Menurutnya, ada sebuah perbedaan besar antara “bisnis” dan “niaga”. Niaga berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli, sedangkan bisnis itu lebih luas lagi. Bisnis berarti sebuah proses dari mulai pencarian sumber daya, pengelolaan organisasi, hingga mendapatkan keuntungan.

            Di beberapa universitas di Indonesia, penamaan administrasi niaga juga sudah mulai berubah menjadi administrasi bisnis. Di Universitas Padjadjaran, tempat penulis berkuliah, pergantian nama tersebut dilakukan pada tahun 2011.

            Apa sih yang dijanjikan dari jurusan ini? Pertama, kita disiapkan untuk menjadi seorang administrator (pengelola) suatu organisasi bisnis yang handal. Ada dua cara, yang pertama dengan menjadi intrapreneur yaitu karyawan pada sebuah perusahaan dan yang kedua menjadi entrepreneur yaitu membuka perusahaan sendiri. Alumni jurusan ini banyak bekerja menjadi manajer, direktur perusahaan, maupun owner (pemilik perusahaan).

            Kedua, jurusan ini menawarkan pengetahuan yang lengkap tentang bisnis sehingga nantinya kita tidak hanya terjebak dalam dimensi pekerja, tetapi juga bisa menjadi ahli seperti dosen maupun pengamat bisnis.

Apa yang diberikan jurusan ini? Pelajaran semester pertama akan mengenai hal-hal basic seperti filsafat, politik, bahasa, dan agama. Mengapa ini penting? Supaya mahasiswa baru mengerti bagaimana landasan berpikir seorang mahasiswa dan perbedaannya dengan ketika kita masih SMA. Yang unik dari jurusan ini adalah letaknya yang berada dalam lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Tapi menurut penulis, ini adalah sebuah kelebihan yang tidak dimiliki oleh jurusan kembarnya, manajemen. Mahasiswa administrasi bisnis jadi lebih mengetahui tentang seluk beluk politik yang nantinya akan berkaitan sangat erat dengan dunia bisnis.

Semester-semester selanjutnya kita akan mempelajari tentang manajemen organisasi, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, dan manajemen sumber daya manusia. Selain itu, kita dibekali juga dengan mata kuliah bisnis syariah dan pasar modal sehingga nantinya diharapkan kita mengerti bagaimana keadaan bisnis masa kini (kontemporer).

Ini menurut saya yang paling menarik, di jurusan ini kita akan dikenalkan dari pebisnis dari berbagai bidang, mulai dari bisnis obat-obatan, kafe, makanan, sampai teknologi. Oh, iya disini juga banyak dosen dan senior yang telah memulai bisnis lebih dulu dan siap berbagi ilmu dan mendengar keluh kesah kalian!

Untuk kamu yang berasal dari IPA ataupun IPS, jangan takut untuk pilih jurusan ini. Karena Administrasi Bisnis itu perpaduan Ilmu dan Seni. Bukan melulu hitungan, bukan juga melulu hafalan. So,jangan ragu pilih jurusan ini! J
(*)
Andika Abdul Basith | @basithisme
Administrasi Bisnis 2012, Universitas Padjadjaran
[email protected]

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *