Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika

 

Kompetensi apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin masuk Teknik Informatika?
Kompetensi paling mendasar yang sebaiknya dimiliki oleh mahasiswa Informatika adalah logika, algoritma, dan matematika. Karena dunia informatika itu berhubungan erat dengan pemrograman. Pemrograman merupakan implementasi dari algoritma. Sedangkan algoritma itu sendiri adalah logika.

Jadi, kalau teman-teman merasa punya kemampuan matematika dan logika yang kurang baik, saya sarankan untuk berpikir-pikir lagi sebelum memilih Teknik Informatika. Bukannya mau menakut-nakuti. Saya hanya tidak ingin teman-teman nanti merasa nggak kuat atau merasa nggak cocok ketika sudah menjadi mahasiswa Teknik Informatika.

Sebenarnya apa yang dipelajari di Teknik Informatika? Apa semua tentang programming dan programming?
It’s not all about programming kok. Saat awal masuk perkuliahan, kita belajar Kalkulus 1, Kalkulus 2, Matematika Diskrit, Sistem Digital (mata kuliah ini juga dipelajari di jurusan elektro), pemrograman terstruktur dan organisasi komputer.

Setelah itu kita juga mempelajari basis data, pemrograman berbasis objek, pemrograman berbasis web, sistem operasi, teori graf dan otomata, komputasi numerik, statistika komputasional, perancangan, analisis algoritma dan beberapa mata kuliah lain yang tidak bisa disebutkan satu-satu. Pada intinya, kebanyakan mata kuliah di informatika tidak pernah lepas dari logika, algoritma dan matematika. Apabila ketiga konsep dasar tersebut sudah matang, barulah kita mendalami konsep pemrograman itu sendiri.

Banyak terjadi salah kaprah di masyarakat yang sering saya temui diantaranya, “Teknik informatika cenderung mempelajari hardware daripada software.” Yang sebenarnya terjadi adalah kita akan lebih banyak diajarkan cara membuat software daripada cara menggunakan software, apalagi membuat hardware.

Apa saja ya prospek kerja Teknik Informatika? 
Pada umumnya, kalau memang berminat bekerja di bidang informatika sih pasti ujung-ujungnya bekerja di software house, atau bekerja pada bagian IT di perusahaan-perusahaan—ya ujung-ujungnya ga jauh dari bikin software. Akhir-akhir ini, lulusannya cenderung berkarya di pengembangan game dan mobile application.
Tapi tidak jarang juga sih ada lulusan informatika yang kerja di bank. Lebih tepatnya, lulusan teknik informatika yang kerja di bank jumlahnya lumayan banyak. Selain di bank, rata-rata sih larinya ke perusahaan-perusahaan BUMN, perusahaan multinasional, dan menjadi PNS.
Bisa dibilang kalau prospek lulusan Teknik Informatika itu bagus karena setiap perusahaan maupun kantor pasti memiliki bagian IT. Kalau memang kita kompeten dan memiliki kapabilitas bagus in syaa Allah tidak sampai kesulitan mencari pekerjaan.
(*)
Shabrina Choirunnisa | @nisabrinaa
Teknik Informatika, ITS

Tags :

Comments

  1. By Marissa

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *