Prospek Karier Lulusan Luar Negeri Lebih Menjanjikan

Foto: Ilustrasi (Shutterstock)
Foto: Ilustrasi (Shutterstock)
JAKARTA – Gelar sarjana dari universitas di luar negeri menjadi daya tarik bagi perusahaan dalam merekrut calon karyawan. Pasalnya, lulusan luar negeri dinilai punya kemampuan dan kualitas yang lebih mumpuni ketimbang lulusan dalam negeri.

Enggak bisa dimungkiri di Indonesia kalau lihat lulusan luar negeri dianggap punya nilai tambah. Padahal dari segi kualitas, lulusan luar negeri atau dalam negeri itu sama saja,” ujar Muhammad Abgari, alumnus asal Indonesia di Australia.

Cowok yang akrab disapa Agam ini menuturkan, orang-orang Indonesia yang belajar di luar negeri, khususnya Australia, banyak yang lebih pintar dibandingkan pelajar Australia sendiri. Sehingga, hal itu menandakan bahwa orang Indonesia punya kemampuan yang patut diperhitungkan.

“Kalau dulu waktu zaman kuliah kebanyakan yang pintar itu orang India. Kemudian disusul orang China. Nah, yang ketiga baru pelajar yang dari Melayu, seperti Malaysia dan Indonesia. Sedangkan pelajar Australia-nya banyak yang malas,” terang dia.

Sementara Annette Anhar, alumnus lainnya, berpendapat bahwa sistem pembelajaran di Australia sangat terbuka sehingga memungkinkan setiap anak belajar banyak hal. Sehingga, lulusan luar negeri punya kemampuan dan skill yang beragam, dan itu berguna untuk karier.

“Aku di Australia sejak SMA. Di sana, selain belajar di kelas, banyak kegiatan semacam ekstrakurikuler yang harus diikuti. Setiap anak minimal pilih dua, bisa menunggang kuda, memanag, dancing, menanam, dan lain sebagainya. Nanti setiap beberapa waktu, seperti summer suruh ganti lagi. Kegiatan itu membuka pikiran bagaimana berinteraksi, ikut kompetisi, dan pengalaman lain,” tandasnya. (ira)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *