SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2016 Gratis!

Pemerintah akan menggratiskan biaya pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN pada tahun depan. (Foto: dok. Okezone)
JAKARTA – Rencana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berbayar akhirnya ditarik. Bahkan, pemerintah akan membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). 
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengatakan, tahun depan biaya pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN akan digratiskan. Kemenristek Dikti bersama DPR, kata dia, akan memperjuangkan anggaran untuk pos pendaftaran masuk PTN baik jalur undangan maupun tulis tersebut dalam anggaran negara 2016.

 “Ini akan bermanfaat bagi kita semuanya. Terus terang jika kami tidak berpihak kepada masyarakat kami nanti akan didemo,” kata Nasir di kantor Kemenristek Dikti, Rabu (16/9/2015).

Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) ini menjelaskan, pendaftaran SNMPTN tetap gratis seperti tahun sebelumnya karena subsidi Rp200 miliar akan digelontorkan ke panitia SNMPTN. Sementara itu, SBMPTN gratis juga akan diperjuangkan melalui pemotongan anggaran yang tidak perlu.

“Anggaran-anggaran di internal Kemenristek Dikti akan dikurangi melalui pembahasan bersama Komisi X DPR,” imbuhnya.

Sebelumnya beredar wacana pemerintah akan menetapkan biaya pendaftaran SNMPTN. Pemerintah beralasan, akan menghapus subsidi Rp200 miliar kepada panitia SNMPTN.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *