Tak Ada Lagi ‘I Hate Monday!’

Ilustrasi: Shutterstock

KEBANYAKAN dari kita merasakan hal yang berat menghadapi Senin pagi. Hal itu karena setelah melakukan berbagai hal menyenangkan di akhir pekan, kini kembali lagi ke rutinitas yang mungkin membosankan. Bahkan bagi seseorang yang mencintai pekerjaannya, Senin juga bisa menjadi hari yang merusak suasana atau momen mereka.
Sebenarnya, Senin juga bisa menjadi awal yang menarik. Dengan langkah tepat, awal pekan ini bisa merangsang efisiensi dan produktivitas untuk seluruh minggumu. Lantas langkah-langkah apa saja yang bisa membuat kita lebih semangat sepanjang Senin? Seperti dilansir Izwie.com, beberapa cara sederhana ini bisa diterapkan.

1. Lakukan dengan bersikap positif
Ketika mood lagi jelek, kita banyak membuang waktu dan energi. Orang yang super produktif tidak suka membuang-buang energinya dan mengawali harinya dengan awal yang buruk. Mereka berfokus pada pemikiran untuk bekerja lebih produktif dan gembira saat mengawali hari mereka. Mereka bersenang-senang dalam kegembiraan untuk apa yang bisa mereka capai.
Untuk itu, saat menjelang weekend, rencanakan sesuatu untuk membuat otakmu benar-benar bisa menjadi refresh, dan persiapkan dirimu untuk menghadapi Senin pagi. Daripada meratapi pekerjaan, fokuslah pada apa yang kamu inginkan dan sesuatu yang akan membawamu lebih sukses di masa mendatang.

2. Prioritaskan tujuanmu
Tidak memiliki tujuan yang jelas yang ingin dicapai pada Senin pagi akan membuat waktu seminggumu banyak terbuang sia-sia saat hendak menyelesaikan tugas-tugas. Orang-orang yang produktif menghargai seluruh hari mereka bahkan di hari Senin dengan mengelola kemampuan mereka secara penuh.
Oleh karena itu, buatlah daftar kegiatan dalam kalender waktumu untuk memaksimalkan kemampuan dan kebahagiaanmu dalam hari-harimu termasuk hari Senin. Ini akan membebaskan pikiranmu.

3. Dedikasikan waktumu
Senin merupakan hari ketika kamu akan mendapatkan jadwal penuh untuk seluruh pekan. Bagi orang super produktif, mereka memahami bahwa mendapatkan hasil yang maksimal tidak terjadi dengan sendirinya. Tapi diperlukan waktu untuk memikirkan semuanya dan membuatkan sebuah proses. Jika tidak, pekerjaan serampangan akan membuat kekacauan dan membuat waktu menjadi sia-sia.
Jika kamu sulit untuk semangat di hari Senin, belajarlah untuk terus membuang rasa malas satu jam sebelum kamu mulai bekerja dengan cara berolahraga atau melakukan aktivitas yang bisa membuatmu semangat.

4. Mengantisipasi hambatan
Hambatan merupakan bagian yang akan selalu dihadapi seseorang baik dalam dunia kerja maupun yang lain. Senin merupakan waktu yang tepat untuk fokus pada hambatan. Orang yang produktif selalu menganalisa hambatan apa saja yang bisa mempengaruhi rencana mereka, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak terelakkan, mereka mampu mengantisipasinya.

5. Aturlah jadwalmu
Ketika orang-orang di sekitarmu terlihat sukses dan bahagia, mungkin kamu tidak dapat mengasumsikan bahwa mereka menggunakan Senin untuk mengatur minggu mereka sendiri. Di situlah letak orang super produktif, mereka memperhitungkan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Mencatat jadwal penting mereka, menyelesaikan tugas mereka dan memenuhi janji mereka dengan sesegera mungkin agar hari kerja dalam seminggu dapat lebih maksimal.
Nah itulah lima hal sederhana yang mungkin dapat kamu praktikkan agar kamu bisa lebih semangat di hari Senin. Menjadi produktif dan semangat di hari Senin bukan tidak mungkin kamu akan menjadi salah satu orang tersukses karena bisa mengawali hari yang super istimewa tersebut. Dan sudah saatnya kita bilang “I Love Monday!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *