Teknik Kimia UB Temukan Pengawet Buah dari Susu Sisa

 Mahasiswa UB ciptakan pengawet buah dari susu sisa. (Foto: Dok.UB)
JAKARTA – Inovasi tak henti-hentinya diciptakan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Malang. Kali ini, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia FT-UB membuat inovasi edible coating sederhana dari susu sisa sortasi.

Inovasi tersebut diciptakan oleh Rhezaldian Eka Dharmawan, Benny Imam Santoso, dan Mahardika Rizki Fauzi. Mereka membuat edible coating dari susu sisa sortiran atau yang tidak memenuhi syarat untuk dikirim ke pabrik. Biasanya, edible coating terbuat dari umbi-umbian yang masih bisa dipakai sebagai sumber pangan.

Edible coating sendiri merupakan suatu lapisan tipis yang dibuat untuk melapisi makanan atau buah-buahan agar lebih awet. Penggunaannya cukup sederhana, yakni dengan menyemprotkan atau menyelupkan larutan edible coating pada buah. Kemudian, tunggu hingga kering, dan buah siap untuk dimakan.

Karya tersebut lalu disertakan dalam OPPO Innovation Idea Competition 2015 dan berhasil meraih juara I setelah menyisihkan 593 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Dalam kompetisi tersebut, tim yang diberi nama Raden Brawijaya 611 FT-UB tersebut mengambil judul ‘Inovasi Pembuatan Edible Coating Sederhana dari Susu Sisa Sortasi Koperasi SAE Pujon Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Apel Malang’.

“Panitia mengatakan karya kami bagus, mereka mau bantu buat paten dan kalau bisa segera diimplementasikan di masyarakat,” ucap Rhezaldian, dikutip dari laman UB, Selasa (13/10/2015).
Dia menambahkan, karya timnya tersebut dianggap unggul oleh panitia karena berhasil mengangkat potensi daerah lokal, implementatif, serta menggunakan bahan-bahan melimpah. Selain itu, larutan yang dihasilkan juga tidak mengubah rasa dasar dan aman dikonsumsi.

Dengan prestasi tersebut, Rhezaldian dan teman-temannya berhak memperoleh uang pembinaan Rp 15 juta dan diundang untuk mengikuti program OPPO Campus Club. “Kami terkejut. Ini merupakan partisipasi pertama dalam kompetisi tersebut. Terlebih pesertanya kompetisi cukup banyak dan idenya bagus-bagus,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *