UI Masuk 200 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education

Universitas Indonesia. (Foto: Dok. Okezone)
Universitas Indonesia. (Foto: Dok. Okezone)


JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) masuk dalam 200 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education BRICS & Emerging Economies Rankings 2016. Hasil tersebut merupakan peringkat yang dibuat media Inggris Times Higher Education (THE) berdasarkan penilaian dari ribuan universitas di negara-negara berkembang, termasuk BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan).

Dari 48 negara berkembang, setidaknya hanya 35 negara yang berhasil masuk dalam jajaran 200 besar kampus terbaik. UI sendiri menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia, dan berada di urutan ke-171.

Dilansir melalui laman UI, Jumat (4/12/2015), editor THE Rankings, Bary dalam emailnya menjelaskan, sistem penilaian THE BRICS & Emerging Economies Rankings menggunakan indikator kinerja yang menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh sivitas akademika.
Adapun lima indikator yang digunakan THE adalah kegiatan belajar mengajar sebesar 30%, jumlah dan volume penelitian 30%, jumlah kutipan 20%, kolaborasi internasional pada staf, mahasiswa dan riset sebesar 10%, serta jaringan universitas ke sektor industri 10%.

“Sehingga lembaga harus menunjukkan standar kinerja yang tinggi di seluruh bidang pengajaran, penelitian, penilaian internasional dan link ke industri. Kami juga hanya memeringkat universitas terbaik dari bidang yang sangat kompetitif dari 48 negara,” ujar Bary dalam email yang diterima Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI, Mohammed Ali Berawi.

Sedangkan Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, kampusnya senantiasa memperbaiki kuantitas dan kualitas riset dengan penciptaan dan pengembangan aplikasi ilmu, teknologi, dan bidang sosial kemanusiaan guna masuk dalam jajaran world class university.

“Ini bukan hanya prestasi UI, tetapi juga prestasi bangsa Indonesia yang mampu menunjukkan bahwa kita punya sumber daya manusia yang mampu bersaing secara internasional,” tuturnya.
Pada Agustus 2015, UI tercatat berada di peringkat 79 dari 100 universitas terbaik se-Asia dan peringkat 310 dunia versi QS World University Rankings. Sementara THE sendiri merupakan lembaga global pengukur kinerja universitas yang secara intensif dan konsisten menilai universitas-universitas di dunia lewat misi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan wawasan internasional. (ira)

(rfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *