(Update) Kumpulan Anime Comedy Romance Terbaru 2015/2016

Kamu sedang mencari anime terbaik yang memiliki genre romance ? jika benar maka kamu masuk ke tempat yang tepat. Percaya sama saya, anime yang saya sarankan di bawah ini pasti menambah arti dalam hidup kamu
Artikel yang saya buat ini adalah daftar anime romance terbaik yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton.
Anime ber-genre romance memang memiliki tempatnya sendiri di hati masing-masing penggemar anime, karena memang beberapa anime bergenre romance adalah anime masterpiece yang alur ceritanya seru sekali.
Oleh karena itu, saya merasa terdorong untuk membuat daftar anime romance terbaik yang tentu saja menurut versi saya.

Anime yang saya bahas di bawah ini merupakan anime yang memiliki genre utama romance dan ada juga dengan genre comedy-romance.

Dan berikut ini adalah daftar anime romance terbaik yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton.
Perhatian : Saya tidak menjelaskan tiap anime di daftar di bawah secara jelas dan rinci karena khawatir akan berakhir menjadi spoiler. Jadi saran saya walaupun di reviewnya kurang menarik download saja animeya, saya jamin semua anime yang ada di bawah ini sangat menarik.
Dan Semua anime yang ada disini merupakan anime favorit saya, jadi jika ada anime yang belum saya masukan ke dalam daftar ini ada kemungkinan saya belum menontonnya, jadi jika kamu memiliki saran anime untuk ditambahkan ke list ini maka saya akan sangat menghargainya.
Baca Juga : Anime Supernatural Ini Pasti Bikin Kamu Penasaran dan Gregetan Karena Ceritanya Yang Susah Ditebak

#0. White Album 2

White Album 2

Anime ini merupakan salah satu anime romance ntr legendaris yang harus di tonton oleh semua orang penggemar anime romance berat.

Romance dari anime ini berputar di 1 orang  laki-laki dan 2 orang perempuan.

Di anime ini, karakter perempuannya yang pro aktif untuk mendapatkan hati si laki-laki.

Anime ini merupakan salah satu anime romance tikung-tikungan yang bikin gregetan.

Karena anime ini anime ntr, si pria harus memilih seorang gadis untuk menjadi kekasihnya, jadi ada satu  heroine yang dikecewakan dan lumayan bikin saya galau juga.

Anime ini cocok di tonton untuk para penggemar anime romance yang “berat” yang dipenuhi dengan konflik yang njelimet.

Dan tidak cocok untuk para penggemar anime romance ringan yang di selingi comedy

Simak Juga : 13 Anime Hebat Yang Terjamin Mirip Dengan Shingeki no Kyojin

1. Clannad After Story

clannad anime romance terbaik yang bikin nangis
Clannad
Anime clannad ini memiliki dua season, season pertama memiliki genre utama comedy yang di balut dengan romance, dan season kedua memiliki genre romance – slice of life, sebenarnya yang ingin saya rekomendasikan adalah season dua dari anime ini, tapi rasanya tidak lengkap jika menonton langsung dari season dua.
Saran saya tonton dulu Clannad season satu baru kemudian tonton season dua, saya yakin kamu tidak akan rugi kalau nonton anime ini.

Anime clannad memiliki alur cerita yang sangat lengkap dari mulai SMA sampai nikah dan sampai punya anak, tidak salah kalau banyak orang yang menyebut anime ini sebagai anime terbaik sepanjang masa.

Anime ini mengisahkan seorang anak SMA berandalan yang bernama Okazaki Tomoya yang pada suatu hari bertemu dengan seorang gadis bernama Furukawa Nagisa dan sejak saat itu kisah mereka berdua dimulai.

Kisah mereka berdua di season pertama di balut dengan comedy yang menggelitik dan season dua dimana mereka berdua sudah menikah dan memiliki anak memiliki alur yang sangat-sangat mengharukan.
Terakhir saya menonton anime ini, saya tidak bisa menahan air mata saya yang mengalir karena ceritanya sangat-sangat-sangat sedih di season dua.
Dan ini merupakan anime romance yang the best, dan sangat saya rekomendasikan

Untuk rating anime Clannad memiliki rating 8,43 di Myanimelist.net sedangkan Clannad After Story (season dua) memiliki rating score 9,13 di Myanimelist.net, ini membuktikan bahwa anime ini merupakan salah satu anime terpopuler yang banyak di tonton orang.

Kebanyakan orang yang telah menonton calannad juga merasa puas dengan anime ini, dan saya sendiri juga sangat menyukai anime ini.
Hanya saja, untuk grafis, Clannad di season satu tidak terlalu bagus dan di season dua grafisnya sudah mulai bagus, tapi walaupun demikian Clannad tetap layak di tonton.
Saya pribadi memberikan skor 8,15 untuk season satu anime ini dan 9,25 untuk season dua nya.

2. Angel Beats

Angel Beats
Angel Beats!
Angel beats merupakan anime yang pertama kali tayang tanggal 3 april 2010 (atau 2011 yahh, saya lupa) walaupun demikian anime ini tidak kalah serunya dengan anime lain yang lebih baru.
Anime bergenre lengkap Romance, Action, Comedy, Drama, Supernatural ini memiliki kualitas yang sangat-sangat bagus sekali, bahkan ada yang bilang Angel Beats! adalah salah satu anime terbaik sepanjang masa yang pernah di buat.
Anime ini memiliki latar yang sangat unik, yaitu berlatar di dunia setelah kematian yang bentuknya adalah sekolah.
Di sekolah ini terdapat dua jenis siswa yaitu NPC (Non Player Character) dan juga Orang yang telah mati dan masuk di dunia itu.
Salah satu hal yang juga saya perhatikan dalam anime ini adalah soundtracknya, ost yang berjudul Ichiban no Takaramono menurut saya merupakan ost yang membuat anime ini menjadi lebih emosional.
Anime Angel Beats memiliki alur cerita yang sangat unik, yaitu tentang siswa bernama Yuzuru Otonashi yang tiba-tiba terbangun di dunia lain.
Saat terbangun yang pertama kali dia lihat adalah seorang siswi yang menodongkan senapan ke siswi lain yang sedang berjalan. Siswi ini bernama Yuripe dan yang sedang di incar lewat senapan adalah Tachibana Kanade.
Anime ini memiliki konsep yang menarik, salah satunya adalah semua orang yang telah mati yang masuk ke dunia ini tidak akan bisa mati walau bagaimanapun, dan mereka dapat membuat senjata hanya dengan membayangkan-nya saja.
Anime ini memiliki ending yang sangat ajaib, dan kamu yang menonton anime ini sampai selesai pasti berharap anime ini memiliki season dua.
Sejujurnya ini adalah anime pertama yang saya tonton yang sanggup membuat saya untuk menangis, terutama di beberapa bagian di pertengahan episode.
Dan saya sangat merekomendasikan anime ini, walaupun kesan romance nya tidak terlalu kuat, tapi saya jamin kamu tidak akan rugi bila menonton anime angel beats ini.
Anime ini juga memiliki unsur komedi yang sangat kuat.
Untuk rating anime ini memiliki rating skor 8,50 di Myanimelist.net, skor yang sangat bagus sekali untuk anime yang hanya memiliki 12 episode saja + ova.
Saya pribadi memberi skor 9,10 kepada anime ini, karena this is a good anime.

3. Ishuukan Friends.

Ishuukan Friends.
Ishuukan Friends.
Anime Ishuukan Friends ini merupakan anime dengan romance yang sangat kuat, tapi entah kenapa anime ini tidak terlalu populer, padahal anime ini tidak kalah dengan dua anime di atas.
Ishuukan Friends memang bukanlah anime lama seperti dua anime di atas, tapi kualitasnya tidak kalah, bahkan mungkin kamu akan lebih suka Ishuukan Friends daripada Clannad atau Angel Beats.
Sama seperti dua anime di atas, Ishuukan Friends juga berlatar di sebuah sekolah, dan juga memiliki konsep serta cerita yang original.
Cerita di anime ini juga terkesan rumit, karena menyangkut tentang orang ketiga dan juga tentang trauma, dan trauma inilah yang membuat anime ini sangat mengharukan.
Bercerita tentang seorang siswi bernama Fujimiya Kaori, Kaori adalah orang yang pendiam dan tidak mau bergaul, tapi ternyata dia memiliki alasan kenapa dia menjadi orang yang pendiam dan tidak mau bergaul.
Fujimiya Kaori, setiap minggu dia akan kehilangan ingatan tentang semua ingatan yang berkaitan dengan temannya, jadi daripada membuat hati menjadi sakit karena tidak bisa mengingat temannya, Kaori akhirnya menjadi orang pendiam yang tidak mau bergaul.
Sampai akhirnya datang seorang pria bernama Hase Yuuki yang berkata bahwa dia ingin menjadi temannya, yang tentunya Kaori tolak karena alasan takut kehilangan ingatannya.
Cerita romance yang sangat manis diperlihatkan oleh kedua orang ini, cinta yang sama-sama tulus membuat anime ini menjadi salah satu anime romance terbaik yang saya rekomendasikan.
Walaupun memiliki romance yang kuat, anime ini juga memiliki unsur komedi yang dapat membuat anda tersenyum.
Untuk rating, anime ini memiliki score rating yaitu 7,78 Di Myanimelist. Walaupun skor anime ini lebih kecil daripada Clannad dan juga Angel Beats, tapi tidak berarti anime ini adalah anime yang buruk. Sebaliknya ini anime yang bagus.
Karena tidak terlalu popular, anime ini jarang jadi perbincangan orang-orang, tapi kebanyakan orang yang telah menonton anime ini merasa puas, dengan romance-slice of life ini.

Impact dari anime ini cukup kuat, bahkan saya berani bilang bahwa anime ini adalah salah satu anime romance terbaik sepanjang masa.

Saya sendiri memberikan Skor 8,5 untuk anime ini, karena Ishuukan Friends, merupakan salah satu anime romance yang unsur romancenya kuat sekali.

4. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso
Shigatsu wa Kimi no Uso
Salah satu anime yang sukses membuat orang-orang menangis karena alur ceritanya adalah Shigatsu wa Kimi no Uso.
Anime ini adalah salah satu anime yang tayang pada akhir 2014 dan awal 2015 yang lalu, meskipun baru, anime ini memiliki peringkat yang lumayan bagus di chart Myanimelist.
Seperti judul dari artikel ini, Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan salah satu anime terbaik yang bergenre romance.
Anime ini memiliki genre lengkap yaitu, music, romance, school, drama, shounen dan yang membuat anime ini unik adalah penekanan di dua genre utama yaitu romance dan music.
Cerita di anime ini sangat unik, karena memakai banyak internal dialog (monolog) (perkataan dalam hati) dan juga memiliki banyak kata-kata puitis.
Juga memiliki poin tambah karena memiliki ending yang mengejutkan dan membuat beberapa penggemar kaget. (jika tidak ada spoiler).
Walaupun memiliki romance yang kuat, anime ini juga memiliki sedikit unsur komedi sebagai selingan.
Bercerita tentang serang pianis muda berbakat yaitu Arima Kousei, Arima Kousei merupakan pianis yang hebat, tapi dijuluki sebagai robot partitur.
Arima berhenti bermain piano karena sebuah kejadian yang melibatkan ibunya yang juga adalah guru piano Arima.
Sejak kejadian itu, Arima berhenti bermain piano dan tenggelam dalam kesedihan, kegelapan, dan juga kesendirian.
Pada suatu hari Tsubaki – teman masa kecil Arima meminta untuk ditemani mengenalkan seorang gadis kepada teman Kousei yang lain yaitu Watari.
Dan gadis inilah yang akan menarik Arima dari kegelapan dan kesendirian, menuju dunia penuh warna yang berkilauan.
Anime ini memiliki alur cerita yang sangat kompleks, yang disana bahkan terdapat cinta segi empat, antara Arima, Tsubaki, Watari dan juga Gadis violinis ini.
Dan yang membuat anime ini menjadi anime romance yang wajib di tonton salah satunya adalah ending yang mengejutkan.
Di Myanimelist.net sendiri, Shigatsu wa Kimi no Uso memiliki rating yang bagus yaitu 8,93  dan juga banyak review tentang anime yang positif, anime ini juga termasuk salah satu anime terpopuler yang tayang pada tahun 2014 (dan 2015).
Bahkan semenjak anime ini selesai, Shigatsu wa Kimi no Uso dibicarakan selama beberapa hari di forum-forum dan grup-grup anime di facebook, yang menunjukan betapa berkesan-nya anime ini.

Karena endingnya yang lumayan bikin saya terpukul, seharusnya anime ini adalah salah satu anime sedih terbaik sepanjang masa

Saya sendiri memberi skor 9,07 untuk anime ini, karena cerita yang menarik, internal dialog yang pas, kata-kata puitis yang masuk ke hati dan juga ending yang sangat berbekas.

5. Sakurasou no pet na kanojou

Sakurasou no pet na kanojou
Sakurasou no Pet na Kanojo
Salah satu anime legendaris yang bergenre romance adalah Sakurasou no Pet na Kanojou, anime yang super duper mengharukan namun juga menyenangkan untuk di tonton ini, menjadi wajib kamu tonton kalau kamu memang mencari anime romance terbaik.
Anime ini memiliki genre lengkap yaitu, Comedy, Drama, Romance, School.
Anime ini saya katakan menarik karena tokoh dan karakter yang cukup unik, yang menurut saya paling unik adalah Heroine dari anime ini yang tidak bisa melakukan apapun selain menggambar dan melukis.
Latar dari anime ini merupakan sebuah asrama khusus bernama Sakurasou yang disediakan oleh sekolah seni yang di peruntukan bagi siswa bermasalah atau siswa yang tidak memiliki cukup biaya.
Dan di asrama inilah, kisah romance ini berlangsung.
Walaupun memiliki romance yang kuat, anime ini juga memiliki unsur komedi yang sama kuatnya.
Pemeran utama di anime ini adalah seorang siswa laki-laki yang bernama Kanda Sorata yang harus pindah ke asrama Sakurasou karena memelihara kucing yang terlantar.
Awalnya dia tidak mau pindah ke Sakurasou karena memiliki banyak penghuni yang aneh, tapi akhirnya dia mau untuk pindah karena terpaksa.
Pada suatu hari Kanda Sorata diminta untuk menjemput seorang penghuni baru di asrama Sakurasou, dan saat pada saat inilah, Kisah drama romance ini dimulai.
Anime ini juga memakai banyak internal dialog seperti Shigatsu wa Kimi no Uso. 
Anime ini juga memiliki alur cerita yang rumit dan banyak mengandung emosi, seperti iri, kesal, cinta, bingung, senang, dan lain-lain. Tidak salah anime ini dikateogorikan sebagai anime terbaik sepanjang masa.
Dan yang pasti anime ini merupakan salah satu anime yang paling the best diantara genre romance lain.
Untuk rating, di Myanimelist.net anime ini memiliki score rating yang lumayan bagus yaitu 8,46 dan juga memiliki banyak review positif dari banyak orang, sama seperti beberapa anime di atas, anime ini adalah salah satu anime terpopuler yang diinginkan banyak orang agar memiliki season 2.
Beberapa teman saya yang meminta rekomendasi anime bagus begrenre romance dan saya merekomendasikan anime ini karena anime ini memiliki konflik yang sangat seru, bahkan teman saya ini rela begadang karena tidak mau menunda untuk menonton anime ini.
Saya sendiri memberi skor 8,95 pada anime ini, dan saya sendiri juga merupakan fans berat anime ini.

6. Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai

Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai
Oreimo
Salah satu anime romance yang paling seru konfliknya adalah Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai, judulnya panjang sekali yah ??
Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai ini merupakan anime yang bisa dibilang sukses besar, bahkan sampai sekrang masih banyak penggemar anime yang membicarakan Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai.
Anime ini memiliki genre, Romance Harem, Comedy, dan School.
Anime ini adalah anime yang diadaptasi dari Light Novel yang juga sangat sukses dan laku keras di jepang.
Anime ini juga memiliki konflik yang sangat rumit, pasalnya anime ini menceritakan tentang kisah cinta seorang kakak adik.
Anime ini memiliki dua season, dan kalau kamu ingin menonton anime ini maka kamu wajib untuk menonton kedua season ini, karena ceritanya yang saling berhubungan.
Anime ini sangat unik, bercerita tentang seorang lelaki bernama Kyousuke Kosaka Dia adalah seorang yang pemalas dan juga tidak bisa diandalkan.
Dan heroine dari anime ini yang tidak lain adalah adik dari Kyousuke Kosaka yang memiliki karakter yang ceria dan super aktif, dia juga memiliki hobi yang terbilang cukup tidak biasa bagi perempuan yaitu bermain game eroge.
Mereka berdua sangat dekat saat kecil, namun lama kelamaan hubungan mereka semakin memburuk dan membuat jarak diantara mereka.
Kisah mereka berdua dimulai ketika sang adik Kousaka Kirini meminta saran tentang cinta pada kakaknya di malam hari. Ini adalah pertama kalinya mereka berbicara setelah bertahun-tahun saling diam dan memasang jarak.
Banyak sekali yang menarik dari anime ini, karena semua tokoh perempuan yang ada di anime ini akhirnya jatuh cinta pada Kyousuke Kosaka
Oiah, walaupun anime ini memiliki unsur romance yang kuat, unsur komedi-nya juga tidak kalah kuat.
Untuk rating, anime ini memiliki rating yaitu 7,65 di season pertama dan 7,60 di season dua, namun saya pastikan anime ini adalah anime yang wajib untuk di tonton
Saya sendiri memberikan Rating Score 8,2 untuk anime ini, karena perpaduan antara comedy dan romance yang pas.

7. Nisekoi

Nisekoi
Nisekoi
Sama seperti Clannad dan juga Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai, Nisekoi sampai sekarang juga sudah memiliki dua season, dan season kedua (saat artikel ini di tulis) masih dalam keadaan on-going atau masih tayang.
Jadi anda harus menonton season pertamanya dahulu agar anda mengerti dengan ceritanya dan kemudian tonton season keduanya yang sekarang sedang tayang.
Anime Nisekoi merupakan salah satu anime Romance-Comedy terbaik yang pernah saya tonton dan merupakan anime yang cukup populer di indonesia.
Salah satu nilai tambah dari anime ini yaitu latar dan efek yang artistik juga background musik yang sangat mendukung
.
Memang di anime ini tidak ada adegan yang sangat sedih yang sanggup untuk mengeluarkan air mata, sebaliknya anime ini dipenuhi dengan komedi berbobot yang akan membuat kamu selalu tersenyum menonton anime ini.
Genre lengkap dari anime ini yaitu, Romance, Comedy, School, Shounen, dan Harem.
Oiah, saya juga pernah bahas tentang prediksi ending Nisekoi yang kemungkinan besar akan terjadi, kamu bisa baca artikelnya di : Prediksi ending Nisekoi
Nisekoi bercerita tentang seorang anak dari pimpinan Yakuza bernama Ichijou Raku, saat kecil Raku pernah berjanji dengan seorang teman masa kecilnya untuk menikah jika nanti sudah besar.
Dan sebagai simbol janji itu, sang anak perempuan memberikan sebuah liontin yang berbentuk gembok kepada Raku, dan menyimpan kuncinya untuk dirinya sendiri.
Sekarang Ichijou Raku sudah besar dan merupakan murid SMA, tapi sayangnya Raku lupa dengan wajah anak yang berjanji dengannya ketika masih kecil.
Yang bisa dia ingat bahwa mereka berdua telah berjanji untuk menikah, dan liontin berbentuk gembok itu adalah simbolnya.
Liontin berbentuk gembok itu tidak pernah Raku lepaskan dari lehernya.
Sampai suatu hari datang seorang siswi pindahan yang bernama Chitoge Kirisaki, dan dia merupakan anak dari pemimpin sebuah organisasi Mafia.
Karena banyak konflik antara Yakuza dan juga Mafia, entah bagaimana Raku dan Chitoge kini resmi menjadi sepasang kekasih bohongan.
Dan saat inilah, kisah cinta yang memperebutkan gembok di mulai.
Untuk Nisekoi season pertama di Myanimelist.net memiliki score rating8,08 dan untuk season kedua memiliki score rating 8,12
Anime ini cukup populer untuk para penggemar anime di indonesia, dan tanggapan dari fans sangat positif sekali saat anime ini dikabarkan memiliki season dua.
Saya sendiri sangat suka sekali dengan Anime Romance Harem -Comedy ini, dan memberikan skor 8,25 untuk anime ini.

8. Golden Time

Golden Time
Golden Time
Golden time merupakan anime romance yang saya rekomendasikan selanjutnya, berbeda dengan beberapa anime di atas yang berlatar di sebuah SMA, Golden Time memiliki latar sebuah universitas.
Golden time memiliki konflik yang lumayan rumit yang sudah berawal sejak episode pertama, dan setiap satu masalah selesai masalah baru muncul.
Bahkan di anime ini, konflik juga terjadi di hati pemeran utama yang bahkan di visualisasikan sebagai karakter, bukan sebuah cerita atau pemikiran saja (mulai bingung ?)
Dan salah satu hal yang membuat anime ini menjadi salah satu yang saya rekomendasikan karena anime ini memiliki konflik cinta segitiga yang sangat serius.
Konflik segitiga ini mencakup, teman masa kecil, ingatan masa lalu, mantan pacar, gebetan yang suka sama-suka, dan banyak lagi.
Genre lengkap anime ini : Comedy, Romance, Seinen
Bercerita tentang seorang mahasiswa baru di sebuah fakultas hukum di sebuah universitas di kota tokyo, orang ini adalah pemeran utama dari anime Golden Time yaitu Tada Banri.
Tada adalah seorang mahasiswa yang datang dari sebuah kota kecil, ada maksud tersembunyi kenapa dia mau masuk ke universitas yang jauh dari rumahnya, dan ini berkaitan dengan ingatan.
Saat hari pertama (upacara pembukaan mahasiswa baru) Tada yang tersesat untuk mencari tempat penerimaan mahasiswa baru dan bertemu dengan seorang yang bernama Mitsuo Yanagiswa yang juga tersesat.
Dan saat mereka tiba di tempat penerimaan mahasiswa baru, ada seorang gadis yang memegang seikat mawar.
Dan seikat mawar tersebut di tamparkan kepada Mitsuo Yanagisawa, gadis ini bernama Kaga Koukou, Heroine dari anime ini.
Dari sinilah, drama romance yang sangat menarik di mulai.
Untuk rating, Golden Time memiliki Rating Score 7,91 di Myanimelist.net, yang juga memiliki banyak review positif dari ribuan orang.
Beberapa orang teman saya juga sangat menyukai anime ini, dan anime ini merupakan rekomendasi dari teman saya yang juga penggemar anime.
Saya sendiri memberikan Skor 7,78 untuk anime ini, karena memang anime ini lumayan seru, dan romance-nya dapet banget.

9. Nagi no Asukara

Nagi no Asukara
Nagi no Asukara
Kalau kamu nyari anime romance yang perkembangan ceritanya luar biasa, maka Nagi no Asukara adalah anime yang harus kamu tonton duluan.
Anime ini memiliki genre lengkap yaitu romance dan fantasy, dan sangat-sangat berkualitas sekali cerita dari anime ini.
Di anime ini, romance menjadi pondasi utama kemudian di dukung oleh fantasy yang sangat original. Dan kedua bagian ini (fantasy dan comedy) tidak dapat dipisahkan dari anime ini.
Anime ini memiliki konsep tentang romance di dua dunia yang berbeda, yaitu dunia di bawah laut dan dunia di atas laut.
Peraturan di dua dunia ini adalah, warga dari laut dan warga dari darat tidak boleh menikah, dan ini akan dijelaskan di anime nanti.
Pokoknya anime ini seru sekali, di anime ini konflik romancenya sangat kental, bahkan bukan cuman cinta segi tiga atau segi empat, melainkan cinta yang dialami oleh tujuh orang sekaligus atau dengan kata lain segi tujuh.
Anime ini berawal dari empat murid yang tersisa di sekolah yang berada di bawah laut yaitu Sakishima Hikari, Mukaido Manaka, Hiradaira Chisaki, and Isaki Kaname harus pindah sekolah ke darat
Hal ini disebabkan karena siswa di sekolah ini hanya tersisa empat orang saja yang menjadikan sekolah ini harus di tutup.
Ke empat orang ini awalnya tidak setuju untuk pindah ke sekolah di darat, tapi karena terpaksa mau tidak mau mereka harus pindah.
Di darat mereka mendapat banyak ejekan, semua anak yang berada di kelas yang mereka pindahi tidak menyukai empat orang ini.
Kecuali satu orang yaitu Kihara Tsumugu.
Kihara Tsumugu adalah seorang cucu nelayan yang mengagumi lautan dan orang-orang yang berada di bawah laut.
Dan saat mereka berlima berkumpul, anime ini siap untuk menghibur kamu dengan cerita romancenya yang ajaib yang memiliki perkembangan cerita yang luar biasa.
Untuk rating, Nagi no Asukara memiliki rating 8,43 di Myanimelist.net, rating yang sangat-sangat bagus untuk anime yang bergenre romance fantasy.
Sedangkan saya sendiri memberikan Skor 8,90 untuk anime ini, karena memang cerita yang bikin penasaran dan bikin greget.

10. Ao Haru Ride

Ao Haru Ride
Ao Haru Ride
Merupakan anime yang memiliki grafis yang tidak biasa dari lainnya, Ao Haru Ride menjadi anime yang kesepuluh yang saya rekomendasikan sebagai anime romance terbaik.
Anime ini memiliki alur cerita yang simple namun tetap memikat, tentang teman masa lalu, intimidasi dari teman dan juga kisah cinta yang dimulai kembali, teman yang suka dengan gebetan.
Anime ini begitu mudah di cerna dan tetap memiliki kualitas yang baik.
Anime ini memiliki genre lengkap Romance, Drama, Comedy, School, Shoujou, Slice Of Life, dan merupakan anime yang cukup populer di kalangan penggemar anime.
Bercerita tentang Yoshioka Futaba, seorang siswi yang cantik dan popular dikalangan laki-laki sehingga membuat perempuan lain kesal karena kesempurnaan yang dimilikinya.
Karena iri, banyak wanita yang mengintimidasi Yoshioka Futaba, sehingga masa SMP yang dilaluinya berakhir dengan tidak terlalu baik.
Di SMP dia juga menyukai seorang laki-laki bernama Tanaka-kun, namun sampai Tanaka pindah sekolah Yoshioka Futaba tidak pernah bisa untuk mengungkapkan perasaannya.
Namun sekarang Futaba sudah masuk SMA, dia tidak mau lagi di intimidasi oleh temannya karena dia cantik dan sempurna.
Oleh karena itu dia merubah “imej” dari siswi SMP teladan yang kalem dan sempurna menjadi siswi SMA berantakan yang tidak bersikap seperti perempuan.
Dan dia berhasil untuk tidak di intimidasi oleh temannya, walaupun kesehariannya dihabiskan dengan kebohongan.
Di SMA, Yoshioka Futaba juga bertemu dengan Tanaka-kun, orang yang sewaktu SMP Futaba sukai, namun sekarang memiliki nama yang berbeda yaitu Mabuchi Kou.
Dan kali ini dia berhasil untuk mengungkapkan perasaannya, Mabuchi Kou juga ternyata menyukai Futaba saat SMP namun itu dulu, dan sekarang sudah berbeda.
Dari sini, kisah kehidupan seorang siswi yang penuh kelok akan dimulai.
Untuk rating anime ini memiliki score rating 7,97 di Myanimelist.net dan berada di posisi 561 di top chart anime myanimelist.
Saya sendiri awalnya agak malas untuk mengikuti anime ini dari awal, tapi atas rekomendasi teman saya, saya akhirnya menonton anime ini ketika anime ini sudah di episode ke enam.
Dan saya menyesal karena tidak mengikutinya dari awal.
Anime ini saya beri skor 7,99 karena alur ceritanya yang mudah dimengerti.

11. Ore Monogatari

Ore Monogatari
Ore Monogatari
Anime ini merupakan salah satu anime romance terbaik yang saat artikel ini ditulis masih dalam status on-going atau masih tayang.
Anime ini cukup unik.
Biasanya karakter utama laki-laki dalam sebuah anime memiliki wajah yang tampan dan juga postur yang ideal Namun pemeran utama laki-laki di anime memiliki tinggi badan dua meter dan bentuk tubuh seperti beruang (alias gede banget)
Karakter utama di anime Ore Monogatari ini bernama Gouda Takeo.
Takeo memiliki seorang sahabat dari kecil yang bernama Sunakawa, kebalikan dari Takeo, Sunakawa memiliki wajah yang tampan, dan juga sifat keren yang membuat semua gadis di sekitarnya berkata “Keren sekali” atau “Tampan sekali”.
Dan sayangnya, semua wanita yang disukai Takeo semuanya menyukai Sunakawa, dan ini sudah terjadi saat mereka di sekolah dasar.
Namun pada suatu hari di dalam kereta yang Takeo dan Sunakawa tumpangi, ada seorang penumpang laki-laki yang mencurigakan.
Laki-laki ini terlihat seperti penjahat kelamin dan ternyata memang penjahat kelamin yang tengah beraksi mencabuli seorang siswi SMA yang hanya bisa menangis.
Takeo yang memiliki fisik yang besar dan hati yang baik langsung menghampiri penjahat kelamin ini dan menghentikan aksinya.
Wanita yang ditolong oleh Takeo ini bernama Yamato, seorang siswi  SMA yang langsung jatuh hati pada Takeo.
Dan dari sinilah cerita ini dimulai.
Di Myanimelist.net anime Ore Monogatari ini memiliki score rating yaitu 8,25 dan juga memiliki banyak tanggapan positif.
Saya sendiri sangat menikmati, romace-comedy yang dihasilkan dari anime ini sehingga saya memberi skor 8,50 untuk anime Ore Monogatari ini.

12. Saenai Heroine No Sodateka

Saenai Heroine No Sodateka
Saekano
Anime ini merupakan salah satu anime romance-comedy-harem yang saya pikir terbaik, anime ini memiliki pengisi suara yang semuanya All-Out, dengan kata lain, pengisi suara anime ini sangat bisa untuk menghidupkan nyawa dari karakter di anime Saenai Heroine No Sodateka ini.
Bercerita tentang seorang otaku dan super blogger yang bernama Aki Tomoya, Pada suatu hari Aki Tomoya berada pada suatu momen yang menginspirasi.
Yaitu ketika seorang wanita yang memiliki karakter yang Moe berdiri di atas bukit yang topinya diterbangkan oleh angin dan dibelakangnya terdapat bunga sakura yang sedang berguguran, mirip seperti opening dari sebuah game galge.
Momen ini menginspirasi Aki Tomoya untuk membuat sebuah game galge yang luar biasa.
Setelah saat itu, Tomoya berusaha membuat sebuah tim demi membuat game ini dan terbentuk-lah sebuah tim yang terdiri dari. (1) Seorang Doujinka Terkenal Kashiwagi Spencer Eriri, (2) seorang penulis novel yang luar biasa, Kasumigaoka Utaha (3) serta orang yang menginspirasi Tomoya untuk membuat game galge terhebat yaitu, Megumi Kato sebagai model Heroinenya.
Banyak dialog yang menyenangkan di anime ini yang akan membuat anda lupa akan waktu.
Dan tentu saja, karena anime ini bergenre Romance-Comedy-Harem akan terjadi perebutan tokoh utama pria yang bikin greget.
Untuk rating, anime ini memiliki score rating 7,85 di Myanimelist.net, dan juga seperti anime romance yang saya bahas diatas, banyak respon positif terhadap anime ini.
Saya sendiri, sangat tertarik dengan anime ini dan memberikan Skor 8,25 untuk anime ini, ditambah lagi, anime ini dikabarkan akan memiliki season kedua. Waw, jadi tidak sabar.

13. Gekkan Shojou Nozaki-Kun

Gekkan Shojou Nozaki-Kun
Gekkan Shojou Noazaki-Kun
Sejujurnya, saya agak bingung mau memasukan anime Gekkan Shojou Nozaki-Kun kedalam list ini atau tidak, karena sebagian besar anime ini adalah tentang comedy.
Tapi akhirnya saya memutuskan bahwa anime ini layak menjadi salah satu anime Romance terbaik yang harus anda tonton.
Tapi jangan khawatir, setelah kamu menonton anime ini sekali saja, maka kamu tidak akan bisa berhenti.
Anime ini bercerita tentang seorang siswi bernama Sakura Chiyo, Chiyo merupakan siswi SMA yang super imut (menurut saya).
Chiyo sangat menyukai Nozaki-kun (Hero di anime ini) sejak pertama kali bertemu di upacara pembukaan sekolah.
Dan saat episode satu di mulai, akhirnya Chiyo memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaannya kepada Nozaki-Kun.
Namun, karena gugup, chiyo tidak bisa mengakatakan “aku suka padamu” melainkan adalah “aku adalah fansmu’
Sontak Nozaki-kun langsung menulis tanda tangan dan memberikannya pada Chiyo yang membuat Chiyo bertaya-tanya.
Rupanya Nozaki adalah seorang mangaka yang terkenal, dan dari momen inilah, comedy-romance yang menggelitik ini dimulai.
Anime ini memiliki rating score 8,40 di Myanimelist.net, skor yang sangat bagus bagi anime yang memiliki genre comedy-romance.
Saya pribadi sangat-sangat suka sekali dengan anime ini, karena memiliki unsur komedi yang fresh di balut Heroine ngenes yang di Php-in.
Dan saya memberikan skor 8,75 untuk anime ini.

14. Sankarea

Sankarea
Sankarea
Salah satu anime pertama yang saya tonton, Sankarea memikat saya dengan genre romance-comedy-horor-mystery-nya yang sangat keren.
Anime ini berbeda dengan anime lain yang ada di daftar ini karena memiliki genre Horor dan mystery di dalamnya, walaupun horror anime ini tidak terlalu menakutkan, tapi tetap saja amazing.
Bercerita tentang seorang anak muda bernama Furuya Chihiro, yang sama sekali tidak tertarik dengan apapun di dunia ini kecuali Zombie.
Dia selalu bermimpi tentang gadis zombie impiannya yang akan muncul pada suatu hari nanti, dan harapannya ini terkabul.
Bermula ketika kucing kesayangannya meninggal, Chihiro berusaha untuk menghidupkannya kembali.
Dia melakukan eksperimen terhadap kucingnya yang sudah mati di bukit belakang rumahnya, dan disinilah dia bertemu dengan Sanka Rea.
Singkat cerita Rea dan juga Chihiro berusaha untuk menghidupkan kucing itu, dengan berbekal buku tua yang chihiro temukan, dan entah bagaimana mereka berhasil.
Dan pada saat Rea dan Chihiro mulai akrab, kecelakaan menimpa Rea yang membuatnya meninggal.
Tapi Chihiro berhasil menghidupkan Rea kembali sebagai zombie dan cerita ini akan dimulai.
Anime ini memiliki rating yang cukup bagus di Myanimelist.net yaitu 7,57, padahal anime ini seru sekali.
Saya sendiri sangat suka dengan ceritanya yang sangat di luar pikiran saya dan memberikan skor 8,5 untuk anime ini.

15. Kokoro Connect

Kokoro Connect
Kokoro Connect
Merupakan salah satu anime romance yang penuh intrik, Kokoro Connect merupakan anime romance terbaik yang saya rekomendasikan selanjutnya.
Kokoro Connect memiliki 16 episode, jumlah yang tidak biasa yang dimiliki sebuah anime, tapi percayalah, ketika kamu sampai di episode 16, kamu bakal nyari ini di google “Kokoro Connect Episode 17 Sub Indo” yang sayangnya tidak pernah ada.
Anime ini memiliki cerita yang sangat menarik, yaitu anime tentang hubungan persahabatan dan juga percintaan, yang tentu saja kita semua ketahui, jenis hubungan seperti ini akan memiliki banyak konflik.
Anime ini memiliki genre lengkap Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural, dan kamu wajib nonton Kokoro Connect.
Bercerita tentang lima orang sahabat yaitu Taichi Yaegashi, Iori Nagase, Himeko Inaba, Yui Kiriyama, and Yoshifumi Aoki yang berada pada sebuah klub, yaitu “Klub penelitian budaya”.
Pada suatu haru Aoki Yoshifumi dan Kiriyama Yui, mengalami sebuah fenomena yang aneh, mereka berdua bertukar tubuh.
Awalnya, semua orang anggota klub tidak mempercayai mereka berdua namun lama kelamaan fenomena ini dialami oleh semua anggota Klub Penelitian Budaya.
Secara acak mereka bertukar tubuh, dan anehnya selalu di waktu yang tidak tepat.
Karena fenomena ini hidup mereka berlima yang damai mulai berubah, karena fenomena ini menyebabkan semua luka yang disembunyikan oleh masing-masing anggota terungkap dan mempengaruhi hubungan mereka.
Dan inilah yang membuat anime ini seru, banyak emosi yang dikeluarkan di anime ini, kesal, iri, benci, marah dan lain-lain.
Untuk rating, anime Kokoro Connect memiliki score rating yaitu 8,06 yang diluar dugaan saya mendapatkan rating yang cukup bagus.
Kokoro connect sendiri merupakan anime yang saya tonton pas di awal-awal saya menjadi seorang penggemar anime dan saya memberikan skor 8,00 untuk anime ini.

16. Amagami SS

Amagami SS
Amagami SS
Salah satu anime yang memiliki plot yang unik, Amagami SS adalah anime yang menarik, kalau kamu mau menonton anime romace yang bagus, Amagami SS bisa menjadi salah satu anime yang harus kamu tonton.
Amagami SS juga memiliki dua season, dan sama dengan anime yang memiliki dua season seperti Clannad atau Nisekoi, kamu perlu menonton season pertama untuk mengerti jalan cerita season kedua dari anime ini.
Anime ini di adaptasi dari sebuah game dating sim di PS2, dan ini yang membuat anime ini menarik.
Anime ini memiliki 6 Heroine, dimana masing-masing heroine memiliki bagiannya masing-masing, dari cerita ini.
Contohnya, ketika kisah dengan satu heroine selesai maka episode selanjutnya akan dimulai lagi dari awal dengan cerita dan heroine yang berbeda, menarik bukan ??
Alur cerita dari Amagami SS ini sangat unik, karena yang saya bilang di atas, anime ini di adaptasi dari sebuah game dating sim, dan masing-masing Heroine memiliki perannya masing-masing.
Anime ini berputar diantara seorang pria bernama Tachibana Junichi, seorang siswa SMA yang saat SMP mengalami sakit hati karena perempuan yang disukainya tidak datang pada malam natal, padahal mereka berdua sudah berjanji untuk bertemu.
Saat ini Junichi sudah kelas 2 SMA dan saat inilah, kisah yang menarik (dan diulang dengan jalur yang berbeda) dimulai.
Untuk rating, Amagami SS memiliki rating score 7,65, dan saya pikir ini wajar.
Saya sendiri menyukai anime ini dan memberikan Skor 7,80 untuk anime ini, karena di tiap plot cerita yang berbeda, heroine dan lagu endingnya berbeda.

17. Kotoura-san

Kotoura-san
Kotoura-san
Sesuai dengan judulnya pemeran utama dari anime ini adalah Koutora-San, seorang siswi berumur lima belas tahun yang memiliki kemampuan yang unik.
Koutora-san bisa membaca pikiran orang lain, karena hal ini masa kecilnya berantakan, semua orang takut pikirannya di baca oleh Koutora.
Bahkan orang tua koutora juga bercerai, hal ini menambah hancur masa kecilnya, sekarang dia sudah SMA dan Manabe Yoshihisa lah yang menyelamatkannya dari kesendirian.
Anime yang memiliki genre lengkap : Comedy, Drama, Romance, School bisa menjadi alternative jika kamu memang mencari anime yang bergenre Romance.
Saya tidak bisa banyak menjelaskan alur cerita dari anime ini, karena memang berisi keseharian tentang mereka. yang jelas anime ini merupakan salah satu anime yang bisa kamu jadikan salah satu alternative anime comed-romance terbaik.
Untuk rating anime ini memiliki rating score 7,39 di Myanimelist, dan saya pikir ini luar biasa.
Saya sendiri lumayan suka dengan anime ini dan memberikan skor 7,20 untuk anime ini.

18. Hentai Ouji to Warawanai Neko

Hentai Ouji to Warawanai Neko
Hentai Ouji to Warawanai Neko
Jangan salah paham, walaupun judul anime ini memiliki kata Hentai, tapi anime ini bukanlah anime yang bergenre ikeh-ikeh kimochi.
Anime ini memiliki genre lengkap yaitu Comedy, Romance, School, Harem, Supernatural, Seinen dan Echi.
Dan merupakan salah satu anime romance comedy yang dapat menggelitik perut.
Bercerita tentang Yokodera Youto, seorang siswa SMP yang selalu memikirkan tentang nafsu jasmaniah yang dia miliki, tapi tidak pernah mengakui bahwa dia adalah seorang yang mesum (ga kaya Issei DXD).
Selain itu dia memiliki sebuah kebiasaan, dimana dalam keadaan terjepit dia selalu melontarkan kata-kata bohong yang akan menyusahkannya.
Suatu hari, dia mendengar sebuah kabar tentang sebuah patung kucing yang dapat mengabulkan perminataan, dan dia pun menemui patung itu dan berdoa kepadanya.
Dia meminta kepada patung kucing tiu bahwa dia dapat “mengekspresikan” nafsu jasmaniahnya di manapun dan kapanpun.
Dan di patung kucing itu dia bertemu dengan seorang perempuan bernama Tsukiko Tsutsukakushi, seorang gadis pemalu yang ingin menjadi lebih kalem.
Tsukiko Tsutsukakushi juga berdoa kepada patung kucing yang bisa mengabulkan permintaan ini dan efeknya adalah dia kehilangan semua ekspresinya.
Dan akhirnya, Youto dan juga Tsukiko berusaha mengembalika ekspresi Tsukiko yang hilang, dan inilah awal dari drama comedy romance yang sangat seru.
Anime ini memiliki score rating 7,56 di Myanimelist.net
Dan saya sendiri memberikan skor 7,80 untuk anime ini, karena memang anime ini sangatlah lucu dan menggelitik ditambah romance yang sesuai dengan komedinya.

19. Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu-kun
Tonari no Kaibutsu Kun
Dengan dua karakter yang sifatnya bertentangan, anime ini juga memiliki kualitas yang baik untuk anime yang memiliki genre romance, dan sangat saya sarankan kalau kamu nyari anime yang full denga romance.
Bercerita tentang Shizuku Mizutani, yang sama sekali tidak emosional dan juga terkenal dengan sikapnya yang dingin dan juga kepintarannya.
Pada suatu hari Shizuku di suruh oleh gurunya untuk memberikan catatan kepada seorang siswa yang tidak pernah masuk ke sekolah yaitu Yoshida Haru.
Haru adalah seorang yang memiliki emosi yang tinggi serta tidak segan-segan untuk melakukan kekerasan.
Saat kedua sifat ini bertemu, mereka memulai kisah romance ini, walaupun ceritanya agak alot, mereka berdua belajar untuk saling melengkapi dan juga mencari teman.
Untuk rating, anime ini memiliki score rating 7,86 di Myanimelist.net, skor yang sangat baik.
Namun demikian tidak semua orang menyukai anime ini, banyak orang yang berkomentar bahwa anime ini kurang sesuatu yang berkesan.
Tapi saran saya tonton dulu saja anime ini, karena saya memberikan skor 7,86 untuk anime ini.

20. Kaichou wa Maid-sama!

Kaichou wa Maid-sama!
Kaichou wa Maid Sama!
Salah satu anime yang memiliki umur cukup lama, Kaichou wa Maid-sama! Merupakan salah satu anime romance comedy terbaik yang saya sarankan terakhir.
Anime ini memiliki, romance, konflik, dan komedi yang sangat pas sekali, dan menjadi anime yang harus kamu tonton
Bercerita tentang seorang Ketua Osis bernama Misaki Ayuzawa, di sekolah dia terkenal dengan sifat yang keras dan sangat disiplin.
Memiliki keahlian bela diri yang hebat, sampai-sampai bisa mengalahkan empat preman sekaligus.
Namun berbeda cerita jika dia telah pulang.
Saat pulang Misaki akan menjadi seorang pelayan di Maid Café yang sangat-sangat moe, dan karena ini dia menyembunyikan identitasnya sebagai seorang pelayan kafe.
Sampai pada suatu hari seorang laki-laki yang sangat populer dan terkenal sebagai “heart breaker” mengetahui rahasia Misaki, orang ini bernama Takumi Usui.
Bagaimana ceritanya ? tonton saja anime ini. Dijamin tidak akan menyesal.
Untuk rating anime ini memiliki score 8,32, sesuai dugaan saya memiliki rating yang cukup bagus.
Saya sendiri memberikan anime ini skor 8,50 karena ceritanya yang bikin greget.

21. Plastic Memories

Plastic Memories
Anime ini merupakan salah satu anime yang juga tayang pada tahun 2015, bareng tayangnya sama anime Kekkai Sensen, dan saya pikir PlaMemo juga harus masuk ke daftar ini, sejujurnya awalnya di artikel ini hanya terdapat 20 anime romance, namun saya revisi menjadi 21. Alsasnnya ??
..Karena anime romance terbaik yang memiliki banyak adagan manis didalamnya adalah Plastic Memories.
Ingin tahu alur cerita dan kelebihan-kelebihan anime Plastic Memories ? coba baca artikel ini yang berisi review anime Plastic Memories

22. Toradora!

Toradora!
Pernah dengar anime ini ? ternyata anime ini merupakan salah satu anime romance paling epic loh, anime ini tayang di tahun 2009 (atau 2011) yang artinya itu lebih dari 5 tahun yang lalu dan termasuk salah satu anime lawas. Tapi walaupun lawas anime ini jika dibandingkan tidak akan kalah dengan anime-anime baru.
Menurut saya, anime ini merupakan anime romance yang paling menyenangkan untuk di tonton dan juga full oleh drama dan juga tentunya dibumbui dengan sedikit komedi. Pokoknya anime ini The Best lahh..
Dan saya pikir, anime ini wajib masuk list anime yang bergenre romance terbaik.
Sebenarnya anime ini sudah saya bahas, dan jika kamu ingin lihat kamu bisa baca di sini : Toradora!

23. Ano Hi Mita Hana

Ano Hi Mita Hana
Ngaku pecinta anime ? berarti kamu harus nonton anime ini, di Myanimelist di informasikan kalau anime ini hanya memiliki genre slice of life tapi menurut saya ini kurang tepat.
… Karena Anohana juga bergenre romance
Karena inti cerita dari anime ini yaitu tentang lima orang sahabat masa kecil yang saling jatuh cinta, hanya saja konflik dari anime ini jauh lebih rumit karena  Menma yang merupakan pusat dari perkumpulan ini sudah meninggal saat kecil.
Saat ini Jintan (pemeran utama dari anime ini) dan teman-temannya sudah dewasa, dan tiba-tiba (hantu) Menma muncul di hadapan Jintan dan meminta permohonannya untuk di kabulkan.
Dari sini sahabat masa kecil yang tadinya berpisah dan berjalan sendiri-sendiri mulai berkumpul lagi.
Anime ini merupakan satu dari tiga anime yang saya yakin pasti akan membuat kamu menangis.

24. Zero no Tsukaima

Zero no Tsukaima
Sejujurnya saya belum pernah menonton anime ini, namun atas saran Filfil. dan beberapa review dari temen maka saya putuskan untuk memasukan anime ini ke dalam list rekomendasi anime romance ini.
Dan karena saya belum pernah menonton anime ini maka saya tidak ingin banyak berkomentar, kecuali anime ini punya rating yang bagus dan memiliki banyak feedback positif. Anime ini juga merupakan salah satu romance comedy action yang lumayan seru untuk di tonton.
Dan kemungkinan juga merupakan salah satu anime romance yang pasti akan membuat kamu penasaran. (Alasan saya belum menonton anime ini karena art-nya yang ..)

25. Bokura wa Minna Kawaisou

Bokura wa Minna Kawaisou
Bokura wa Minna Kawaisou kemungkinan adalah salah satu anime romance comedy terbaik di tahun 2014 kemarin, anime ini memiliki genre lengkap comedy, romance, school dan slice of life.
Cerita ini dimulai ketika Kazunari Usa, Anak SMA kelas satu yang akhirnya bisa hidup terpisah dari orang tuanya. Dia akhirnya tinggal di sebuah kamar (kalau orang indonesia bilang nge-kost) tidak jauh dari sekolahnya. Semenjak dia tinggal nge-kost ini dia akhirnya tahu bahwa wanita idamanya yang bernama Kawai Ritsu juga tinggal di kompleks kost’an yang sama, tapi bukan hanya Ritsu saja orang yang tinggal di kompleks ini, Usa akhirnya mengetahui kalau semua orang yang tinggal di kompleks ini kebanyakan orang aneh. Hidupnya mulai berubah sedikit demi sedikit mulai dari sini.
Sejujurnya anime ini adalah anime yang bagus, hanya saja romance dari anime ini lumayan sedikit. dan dibeberapa bagian ceritanya terkesan “melompat” saya sempet mikir saya salah download dan kekurangan satu episode.
Kalau kamu suka dengan Gekkan Shojou Nozaki-kun kemungkinan kamu akan suka dengan anime ini.

26. Itazura na Kiss

Itazura na Kiss
Seujurnya saya tidak terlalu suka  romance shojou, tapi tetap saja ada beberapa anime dengan genre ini yang sangat saya sukai dan salah satu anime itu adalah Itazura na Kiss.
Tidak banyak yang ingin saya katakan tentang anime ini selain “Kamu harus nonton anime ini”
Sejujurnya saya sangat menikmati anime ini sampai-sampai waktu begitu cepat berlalu saat menonton anime ini. Beberapa orang yang saya tanya tentang anime ini dan juga salah satu komentar di bawah bilang kalau anime ini sedikit mirip dengan Clannad dan saya sangat setuju, saya sulit untuk menjelaskannya dan karena itu kamu harus menontonnya.

27. Yamada-kun to 7 nin no Majo

Yamada And The Seven Bitches Witches
Salah satu anime yang tayang di tahun 2015 dan mendapatkan banyak feedback positif dari penggemar anime di seluruh dunia, anime ini adalah salah satu anime dengan adegan ciuman paling banyak dan saya pikir akan cocok untuk para jones.
Alur cerita dari anime ini agak mengejutkan saya, awalnya saya pikir anime ini adalah anime harem mainstream yang biasa-biasa aja, hanya saja setelah menontonnya anime ini memiliki alur cerita yang lumayan rumit dan menarik, kadang ada beberapa hal yang membuat saya kesal dalam anime ini tapi semuanya terobati saat anime ini berakhir.

28. Akatsuki No Yona

Akatsuki no Yona
Salah satu anime yang memiliki genre kerajaan, namun tidak seperti nanatsu no taizai atau arslan senki anime ini bukanlah anime action melainkan lebih ke romance.
Di akhir 2014 kemarin anime ini adalah salah satu anime terbaik yang tayang dan saya juga tidak akan banyak berkomentar tentang anime ini.
Anime ini adalah anime yang sangat layak di tonton dan jika kamu download / streaming anime ini saya yakin kamu ga akan pernah rugi kuota.

29. Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru

Oreshura
Salah satu anime yang lumayan terkenal, dan sebenarnya anime ini bergenre romance harem comedy, sampai ending cerita saya tidak tahu mana yang akan pacaran sama Eita Kidou.
Sebenarnya anime ini tidak terlalu unik dibandingkan dengan anime rom-com harem lainnya, dan juga alur ceritanya juga tidak terlalu unik, tapi saya tidak punya alasan untuk membenci anime ini karena walaupun terkesan sedikit mainstream anime ini tetap bisa dinikmati.
Kamu setuju sama saya ??

30. Yosuga no Sora


Yosuga no Sora
Yosuga no Sora ini sejujurnya dibuat dari sebuah visual novel jadi wajar aja semua heroine dapat “bagian” sama seperti Amagami SS awalnya saya pikir anime ini anime Hentai tapi ternyata bukan, hanya separuh hentai saja.


Saya tidak ingin banyak komentar karena khawatir puasa saya batal.

Tapi untuk sisi cerita, anime ini cukup bagus dan tidak membosankan untuk di tonton. (Ralat)

31. Sword Art Online

Sword Art Online
Sejujurnya, sebelum Filfil dan Shanty Kawaii berkomentar di list ini, saya tidak ingat bahwa anime Sword Art Online juga merupakan anime yang bergenre romance harem.
Dan juga poling yang saya adakan dari beberapa minggu lalu (di situs ini : kamu barusan lihat kan ? saya nanya apa anime paling keren yang pernah kamu tonton) juga mendapatkan hasil bahwa anime ini merupakan anime action yang paling keren dan merupakan anime yang paling banyak mendapatkan suara.
Tapi diluar actionnya yang keren anime ini memang tentang romance yang berpusat pada hubungan antara Kirito dan Asuna di dunia virtual (bahkan lebih banyak romance-nya daripada actionnya).
Mereka berdua pasangan yang serasi.

32. Ano Natsu de Matteru

Ano Natsu de Matteru
Anime ini merupakan anime yang jalur ceritanya memiliki perubahan yang drastis, banyak sekali hal yang mengejutkan dalam anime ini, dan sejujurnya, anime ini adalah anime yang bisa membuat saya lupa waktu.
Cerita dari anime ini luar biasa.
Di awal kamu nonton anime ini mungkin kamu akan bosan, tapi di akhir dari episode satu dari anime ini sangat bikin penasaran untuk segera nonton episode dua, di episode dua alur ceritanya agak alot lagi dan lagi-lagi di akhir episode dua ada kejutan lagi, di episode tiga cerita mulai alot dan lagi-lagi akhir dari episode tiga mengejutkan.
Jadi saran saya dowload minimal empat episode dulu.
Dan episode empat di mulai. Menurut saya inilah awal dari cerita seru anime ini.
Romance dari anime ini sangat-sangat rumit, karena ada jalur cinta yang bukan lagi segitiga, tapi segi lima, empat diantaranya merupakan sahabat dan yang satu lagi adalah ……… sesuatu yang kamu pasti tidak sangka.
Dari episode empat sampai episode terakhir, anime ini terus membuat saya penasaran, di awal saya tidak menyangka anime ini akan memiliki alur cerita yang seru seperti ini.
Anime ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu, anime ini memiliki komposisi 92 persen romance, dan 8 persen sci-fi dan justru yang 8 persen ini yang bikin anime ini menarik.
Pokoknya sampai akhir saya nonton anime ini saya terkagum-kagum, dan anime ini sangat-sangat-sangat-sangat-sangat saya rekomendasikan kalau kamu nyari anime romance yang beda, yang unik, dan yang engga mainstream.
Yang paling mengejutkan adalah saat akhirnya diketahui siapa sebenarnya Lemon Senpai itu… dia MIB.

33. Naruto Shippuden : The Last

Naruto Shippuden : The Last
Well, mungkin kamu udah nonton film yang satu ini, tapi jujur saya baru nonton akhir-akhir ini, saat AWSubs mengeluarkan film naruto shippuden the last versi Blu-Ray
Saya yakin kamu yang sudah nonton pasti setuju kalau film anime ini harus masuk ke list anime romance terbaik ini, film naruto yang ini benar-benar berbeda dari film-film naruto sebelumnya.
… Karena unsur romance dalam anime ini dijadikan unsur utama, biasanya di semua film naruto juga ada unsur romancenya, tapi bukan sebagai unsur utama tapi hanya sebagai pelengkap atau pendukung saja.
Romancenya manis, tapi di satu bagian ada yang bikin nyesek, tapi akhirnya happy ending. Dan akhirnya naruto sadar siapa orang yang dia cintai. (saya dari dulu dukung NaruHina ^_^)
Walaupun bergenre romance tapi tentu saja  film naruto pasti full action…
Dan karena ini saya rekomendasikan Naruto Shippuden : The Last ini sebagai anime terbaik yang juga bergenre romance, (siapa saja yang engga setuju naruto the last saya masukin ke list ini silahkan bakar blog ini ^_^)

34. Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke
Merupakan salah satu anime yang dari dulu ingin saya tonton tapi selalu saja saya berakhir dengan anime lain, anime ini merupakan salah satu anime romance shojou yang memiliki banyak adegan manis, hal ini disebabkan karena pemeran utama dari anime ini Kuronuma Sawako merupakan gadis yang tidak sensitif dan juga baru pertama kali jatuh cinta.
Kisah romance dari anime ini luamyan panjang, anime ini terdiri dari dua season dan sebenarnya yang ingin saya rekomendasikan adalah season duanya. tapi karena tidak afdhol nonton langsung dari season dua, jadi kamu harus nonton season satunya dulu.
Romance dari anime ini manis dan juga cukup seru untuk di tonton. Walaupun di season satu ceritanya tidak to the point tentang kisah cinta sawako (bercabang-cabang, kadang tentang persahabatan, tentang ini dan tentang itu). Tapi di season duanya anime ini cukup bikin greget karena ada bagian rebutan ceweknya.
Pokoknya anime ini sangat saya rekomendasikan bagi kamu yang perempuan, atau kamu yang suka terhadap anime bergenre shojou romance.
Untuk referensi (dan sedikit spoiler) kamu bisa baca artikel tentang Kimi ni Todoke ini

35. Gosick

Gosick
Saya baru menonton Gosick baru-baru ini, dan saya langsung meng-update artikel ini ketika saya selesai menonton anime ini, anime ini memiliki cerita yang sangat bagus dan sangat layak untuk saya masukan kedalam list ini.
Awalnya, anime ini membuat unsur romance dari anime ini hanya sebagai penghubung antara kedua karakter utama dalam anime ini, maksud saya, sebagai alasan dua karakter ini selalu bersama. Dan lebih mengedepankan unsur mystery-nya
Tapi setelah separuh cerita, anime ini mulai meruncing ke jalur romance, dan tentu saja berubah menjadi anime romance yang sangat-sangat bagus dan mengharukan.
Selain itu karena anime ini berlatar di tahun 1920’an (yang bertepatan dengan akhir masa-masa damai perang dunia pertama, dan awal dari perang dunia kedua) membuat anime ini terasa lebih nge-feel.
Anime ini sangat mengharukan, apalagi pas masuk ke bagian puncak cerita …. sangat-sangat menguras air mata.

36. Nagato Yuki-Chan no Soushitsu

Nagato Yuki-chan no Soushitsu
Anime  ini  merupakan anime Spin-off yang alur ceritanya berdasarkan film Suzumiya Haruhino Soushitsu namun dibuat dengan alur cerita yang berbeda.
Menurut saya anime ini merupakan salah satu anime yang unsur romance-nya kuat sekali.
Banyak adegan lucu dan  adegan  romantis dalam anime ini… walaupun mungkin ada banyak orang yang tidak terlalu suka dengan anime ini…. Tapi menurut saya anime ini merupakan salah satu anime yang bisa kamu tonton kalau kamu penggemar anime romance
Saya peringatkan dulu sebelum kamu mulai menonton anime ini, anime ini hanya memiliki skor rating 6 koma di Myanimelist.net jadi bagi yang nonton anime berdasarkan rating, mungkin kamu tidak akan tertarik pada anime ini.
Walaupun begitu, saya sangat suka dengan alur cerita dari anime ini, terutama heroine dalam anime ini.
Nagato Yuki adalah wanita idaman saya, jadi mungkin ini alasan saya merekomendasikan anime ini untuk kamu.

37. Kamisama Hajimemashita

Kamisama Hajimemashita
Satu lagi shojou romance yang direkomendasikan sama banyak pengunjung blog ini ^_^
Anime yang satu ini cukup menyenangkan untuk kamu tonton kalau kamu adalah perempuan, romance dari anime ini cukup manis, comedy-nya juga lumayan lucu.
Di episode pertama saya kurang suka karena sama seperti Gosick, anime ini memiliki episode pertama yang lumayan terburu-buru (mungkin hanya perasaan saya) dan dari episode dua dan selanjutnya, romancenya mulai terasa 😀
Bahkan di episode dua sudah ada adegan ciuman… Pokoknya cocok banget deh buat perempuan.
Saya sendiri tidak menganggap anime ini adalah anime yang lumayan seru, tapi pas adik perempuan saya nonton, dia bilang waji buat masukin Kamisama Hajimemashita  ke list ini.
Jadi untuk kamu yang perempuan, saya yakin kamu gak akan nyesel nonton anime ini dan untuk laki-laki yang suka shojou romance (reverse harem) pasti suka dengan anime ini.

38. Oregairu

Oregairu
Salah satu anime terbaik di tahun 2015, (walaupun yang tayang di tahun 2015 adalah season duanya sihh).
Setelah saya pikir-pikir dan beberapa kali membaca ulang artikel ini, saya merasa ada anime yang kurang, dan setelah mengecek beberapa komentar akhirnya saya tahu anime apa yang kurang.
Bagaimana saya bisa melupakan salah satu anime romance yang unik ini ?
Anime ini merupakan salah satu anime favorit saya, karena anime ini merupakan salah satu anime yang memerlukan berpikir untuk mencerna maksud dari beberapa adegan yang ada dalamnya.
Terutama di bagian akhir (bingungkan).
Selain itu, unsur romance merupakan fokus utama dari anime ini, intinya anime ini adalah tentang kisah cinta segi tiga (empat) yang berfokus kepada seorang lelaki yang memandang dunia dengan cara yang berbeda.
Saya sangat rekomendasikan anime ini, tapi kalau kamu hanyalah penggemar anime echi, maka mungkin kamu tidak akan suka dengan anime ini karena banyak sekali dialognya.

39. Soredemo Sekai wa Utsukushii

Soredemo Sekai wa Ustsukushii
Anime sebenarnya dari awal sudah ingin saya masukan ke dalam daftar ini, tapi karena beberapa hal saya menundanya.
Anime ini merupakan salah satu anime yang pemeran utamanya adalah perempuan atau dengan kata lain anime shojou.
Hal yang paling unik dari anime ini terletak pada karakternya. karakter utama laki-laki dari anime ini adalah seorang bocah belasan tahun, sedangkan heroine dari anime ini merupakan seorang gadis dewasa.
Untuk laki-laki, anime ini mungkin terasa aneh, tapi untuk perempuan ada kemungkinan kamu akan suka dengan anime ini.
Anime ini memiliki konsep cerita yang cukup unik yaitu tentang kisah cinta antara seorang raja di kerajaan yang sangat besar (walaupun masih bocah) dan seorang putri dari sebuah negeri kecil yang sangaaaat baik.
Untuk urusan alur cerita, anime ini punya banyak konflik, selain mengisahkan tentang bagaimana dua karkater utama dalam anime ini menyadari perasaan masing-masing dan mulai jatuh cinta, ada juga isu politik dalam anime ini (karena memang tentang kerajaan).
Pokoknya seru dahhhh.

40. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Chuunibyou Demo Koi ga Shittai
Ada beberapa orang yang menganggap ini adalah anime komedi, dan saya sangat bingung dengan orang tersebut, anime ini memang  memiliki unsur komedi, tapi sebenaranya arah anime ini lebih ke romance.
Anime ini mengisahkan kisah cinta antara seorang mantan Chuunibyou dan juga seorang Chuunibyou (pengertian chuunibyou bisa kamu baca disini).
Awalnya si karakter utama merasa agak risih dengan heroine dalam anime ini, tapi lama kelamaan akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta dan menghasilkan sebuah kisah romantis.
Oiah, anime ini juga saya masukan ke dalam list anime school terbaik lohh.
Untuk urusan alur cerita anime ini tidak terlalu berbeda dengan anime lain, yaitu tentang seorang lelaki yang bertemu dengan seorang perempuan, kemudian si perempuan ini membuatnya jatuh cinta dan mengubah hidupnya menjadi jauh lebih berwarna.
Selain itu, karena anime ini tentang Chunibyou, maka tentu saja banyak adegan aneh yang terjadi dalam anime ini (seperti fighting dan lainnya)

41. Kyoukai no Kanata

Kyoukai no Kanata
Banyak orang yang nyari anime romance action, dan Kyoukai no Kanata adalah salah satu anime romance action yang terbaik.
Selain memang adegan fightingnya yang keren, alur ceritanya yang juga penuh “impact” kisah romantis dari dua karakter utama dalam anime ini juga bikin greget.
Selain itu, saya juga sangat suka dengan karakter utama dalam anime ini, dia pendiam, berambut pendek dan memakai kacamata (wanita idaman)
Untuk alur cerita, anime ini juga memiliki kesamaan dengan anime yang sebelumnya saya bahas di atas, yaitu tentang seorang lelaki yang bertemu seorang gadis, dari situ mereka berdua jatuh cinta.
Itu adalah cerita pokoknya.
Tapi tentu saja anime ini memiliki daya tarik sendiri, kamu bisa baca lengkapnya di artikel yang saya buat tentang Kyoukai no Kanata

42. Servant x Service

Servant x Service (Lucy yang kanan)
Satu lagi anime yang juga di sarankan oleh salah satu pengunjung blog ini.
Dari awal sebenarnya saya tahu anime ini, tapi karena saya pikir anime ini lebih ke komedi akhirnya saya tidak memasukannya ke dalam daftar ini (tapi sekarang saya masukan)
Alasan saya memasukan anime ini adalah karena sebelumnya saya memasukan anime Gekkan Shojou Nozaki-kun ke daftar ini, dan kita semua tahu bahwa anime itu adalah anime komedi.
Anime ini bercerita tentang seorang  gadis yang bernama Lucy bla bla bla bla (di singkat) yang mulai bekerja di sebuah instansi pemerintahan di jepang. Gadis bernama Lucy ini memiliki nama yang tidak biasa, namanya sangaaaaaat panjang, sampai saya lupa.
Dan lucy sangat malu dengan namanya yang panjang ini.
Alasan Lucy masuk ke instansi pemerintahan ini karena dia ingin mencari tahu siapa orang yang telah menyetujui nama ini (di jepang, nama anak yang baru lahir harus dilaporkan dan disetuju dulu untuk di buatkan akte kelahiran)
Tapi tentu saja tidak semudah itu, Lucy bertemu 2 orang lain yang baru di terima di instansi tersebut, dan salah satunya bernama Hasebe.
Sebenarnya tidak banyak romance dalam anime ini, tapi pas mulai di akhir, Mulailah muncul banyak adegan romance antara Lucy dan Hasebe.
Bonus : Ada dua kisah romance dalam anime ini. Kamu bisa baca artikel lengkapnya di sini.

43. Working

Working!
Anime ini memiliki konsep yang sama dengan anime Servant x Service, anime ini juga memiliki konsep cerita tentang “pekerjaan” bedanya anime ini mengambil latar di sebuah restoran keluarga.
Anime ini juga sebenarnya adalah anime komedi, tapi di dalamnya terdapat beberapa adegan romance yang bikin greget dan tertawa terpingkal-pingkal.
Dari segi alur cerita, anime ini memiliki daya tarik tersendiri, sampai sekarang anime ini sudah memiliki tiga season, dan semakin kesini unsur romancenya semakin di tonjolkan.
Saya tidak berani bilang Servant x Service dan Working adalah anime romance terbaik, tapi setidaknya dua anime ini sangat menarik untuk kamu tonton.

44. Akagami no Shirayuki Hime

Akagami no Shirayuki Hime
Dan salah satu anime romance yang tayang di tahun 2015 (dan saat artikel ini ditulis anime ini masih dalam status on going)
Saat menonton episode pertama dari anime ini, saya sangat yakin anime ini akan menjadi salah satu anime romance yang punya banyak adegan manis dan saya benar.
Anime ini memiliki banyak sekali adegan manis antara seorang gadis ahli herbal dan seorang pangeran dari sebuah kerajaan yang besar.
Anime ini juga merupakan salah satu anime yang bergere shojou, dan menurut saya cukup menyenangkan untuk di tonton.
Kalau kamu perempuan, kamu pasti akan suka dengan anime ini, adik saya juga bilang karakter utama laki-laki dari anime ini juga tampan dan keren.
Anime ini adalah salah satu anime yang pure romance terbaik yang pernah saya tonton, dan saya yakin kamu akan rugi kalau ga nonton anime ini.
Walaupun saat artikel ini di tulis saya belum tahu endingnya, tapi saya pikir pasti endingnya sangaaaaat bagus.

45. Denpa Onna to Seishun Otoko

Denpa Onna to Seishun Otoko.
Anime ini adalah anime yang saya tonton beberapa saat yang lalu dan sangat menarik untuk saya pribadi.
Gimana yahhh … anime ini punya kesan kayak Bakemonogatari, Mekaku City Actors, Nisekoi, Sakurasou no Pet na Kanojou dan Shigatsu wa Kimi no Uso, tapi ga mirip dengan satupun anime ini..
Ahhh … saya agak susah jelasinnya tapi yang jelas anime ini seru lohh.
Unsur romance dari anime ini cukup kuat dan lebih mengarah ke harem, walaupun sampai akhir ga ada yang pacaran anime ini tetap seru untuk di tonton.
Saya sangat rekomendasikan anime ini, mengingat anime ini adalah anime yang mampu menarik perhatian saya sampai rela begadang (dan telat besok paginya) untuk menonton anime ini.
Kalau mau, coba baca review saya disini (btw kalau reviewnya jelek maaf yahh, tapi animenya super seru kok, karakternya unik-unik dan dialognya sangat menarik)
Anime ini sangat direkomendasikan terutama kalau kamu laki-laki (jangan mikir yang aneh, anime ini ga ada unsur ecchi atau hentai lohh … hanya anime ini menurut saya lebih cocok di tonton laki-laki)

46. Tasogare Otome x Amnesia

Tasogare Otome x Amnesia

Setelah saya cek komentar-komentar lama, saya teringat dengan anime Tasogare Otome x Amnesia.

Sebenarnya anime ini memang sudah saya rencanakan akan masuk ke daftar ini, tapi entah kenapa  saya lupa terus.

Dan yahh akhirnya sekarang saya bisa masukan anime romance epic ini  ke daftar anime romance terbaik ^_^

Saya yakin semua orang yang pernah menonton anime ini akan setuju kalau anime ini saya masukan ke dalam daftar ini, karena anime ini punya alur cerita dan kisah romantis yang agak unik.

Ceritanya gini … anime ini bercerita tentang kisah romance dari seorang pelajar SMA biasa (laki-laki) dan seorang hantu yang gentayangan.

Dan yahh … anime ini adalah anime Horor.

Selain kamu akan disuguhi oleh kisah romantis, kamu juga akan disuguhi oleh “suasana horor” yang mencekam.

Ada pengalaman unik saat saya menotnon anime ini … Anime ini saya tonton setelah nonton anime Another … Hari itu malam jum’at dan sudah tengah malam.

Saya ketakutan setengah mati dan tidak bisa tidur karena mendengar “suara-suara aneh”yang ada di luar kamar saya.

Untuk pertama kalinya saya “benar-benar merasa ketakutan karena menonton anime”.

(Btw di malam itu, saya cuman nonton sampai episode 4, jadi romance-nya belum muncul)

Penutup.

Diatas saya sudah memasukan banyak sekali judul anime romance, dan walaupun sudah banyak saya pikir ini pasti belum cukup untuk  kamu.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *