Kali ini saya akan posting Cara Membuat Kategori Di Atas / Header.Bagaimana Caranya ?silahkan simak baik-baik artikel ini.

Postingan ini berawal saat saya ingin merubah tampilan blog saya dengan kategory blog berada di atas (Header) seperti pada website detik.com.saat itu saya searchig di google dan tidak ada satupun artikel yang dapat saya pahami dengan baik.akhirnya sejak saat itulah mulai belajar Tema CSS sedikit demi sedikit.dan akhirnya saya menemukan Caranya.sebenarnya saya juga belum terlalu pandai pada bidang CSS.tapi tidak ada salahnya saya akan membagikan ilmu saya yang sedikit ini.dalam belajar CSS sebenarnya tidaklah terlalu sulit kita hanya harus tahu dasar-dasarnya dan mengolah dasar-dasanya.dalam mengolah dasar-dasar CSS kita bisa merubah rubah elemenya bisa dengan size/ukuranya atau bisa juga dengan kode warnanya.

Berikut ini adalah Langkah atau Cara Agar Kategori atau Menu Navigasi berada Di Atas / Header

1.ini adalah screenshot blog saya sebelum kategorinya diletakkan di header.


cara buat kategory di header mwb.jpg

dan sekarang saya akan membuat kategory berada di Atas atau (Header),Simak baik-baik Langkahnya.

2.agar kategory dapat tertata rapi,maka kita harus membuat tempat terlebih dahulu untuk kategory di header tersebut.Caranya copy kode dibawah.

lalu paste ke Dasbor>Tema>Sunting tema>(pastekan tepat di bawah CSS utama).Maka akan menjadi seperti ini.


cara pasang kategori di header

3. Copy Lagi code dibawah ini

pastekan tepat di bawah Kode yg tadi.Maka akan seperti gambar dibawah ini.


3kategory-header.jpg

pertanyaanya “Mengapa Kategorinya tidak ada di Header ? Karena kita harus membuat kode pemanggil.kategorinya nanti akan muncul setelah kita buat Link kategorynya beserta kode pemanggil. Bagaimana Caranya ? Kita Lihat di step ke-empat.

4.Cara membuat kode pemanggilnya cukup mudah,silahkan Copy kode dibawah ini.

Ingat : pastekan di Menu Navigasi Ganti tulisan URL_anda dengan Url kategory blog anda yang diinginkan dan Ganti tulisan Nama_KATEGORI dengan nama Kategory blog anda.anda juga dapat menambah Maka akan menjadi Seperti gambar dibawah ini.

2kategory-header.jpg

Perlu diingat : anda dapat merubah warna Background Kategorinya dengan mengganti kode warna
#FFD700
dengan Kode warna lainya(bisa dicari di Google).dan anda juga dapat mengganti Ukuran 75px dengan angka lain yang sesuai dengan tema CSS anda(semakin kecil angkanya maka akan semakin naik ke atas).

Apakah sudah selesai ? Jawabanya “Sudah” caranya sebenarnya cukup mudah.hanya seperti itu,jika anda mengikuti langkah diatas dengan benar maka saya yakin anda akan bisa.dan Jika ada pertanyaan / hal yang ingin disampaikan silahkan anda bisa berkomentar tentunya dengan komentar dengan baik.