optimasi-gambar-seo.jpg

Apa itu SEO On Page dan Bagaimana Cara Optimalkan / Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar Pada Blog/web

Pada artikel ini saya akan sedikit bercerita dan mengulas “SEO On Page”. sesuai namanya On page artinya di dalam halaman dan jika digabungkan SEO On Page adalah pengoptimalan mesin pencari yang dilakukan di dalam halaman blog / web.

SEO On Page merupakan basic SEO yang perlu anda ketahui,jika anda seorang pemula dalam hal SEO,maka anda harus membaca artikel ini.karena hal ini merupakan langkah dasar SEO yang perlu diketahui.Oke back to topic.sebenarnya SEO On Page dan SEO Off Page berbeda cara pengoptimalanya tetapi memiliki satu tujuan yang sama yakni menaikkan posisi suatu situs ke posisi teratas SERP.Apa itu SERP ? SERP merupakan singkatan dari “search engine result page” jika diartikan ke dalam bahasa indonesia artinya “halaman hasil mesin pencari”.perlu kita ketahui juga bahwa jika SEO On Page kita sudah bagus.maka artikel kita akan mudah terindeks google dan menempati posisi teratas.

Untuk mengoptimalkan SEO On Page nanti kita akan dihadapkan dengan title blog,title artikel,meta description,image alt and title tag.tampilan SEO Friendly.dll dan semuanya akan saya bahas di artikel ini,agar anda dapat memahami dengan jelas.

Berikut ini adalah Langkah / Cara Mengoptimalkan SEO On Page.

1. Title Blog

Apa itu title blog ? Title blog adalah judul blog misalnya seperti blog ini title blognya adalah “MWB Blog”.mengapa ini penting ? Karena selain judul artikel, title blog juga muncul di halaman mesin pencari.dalam melakukan optimasi pada title blog.anda harus menentukan artikel-artikel di blog anda mayoritas berisi apa.misalnya berisi Bisnis,dan blogging maka gunakan title blog “Bisnis Online Blog” atau dg kata lainya yg serupa.

2. Title Artikel

title artikel atau judul artikel merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan karena bagian inilah yang menentukan tampil atau tidaknya situs anda di mesin pencari dengan kata kunci yang dibidik.dalam membuat judul sebaiknya dikuti dengan keyword atau kata kunci yang dibidik misalnya Cara Meningkatkan Alexa maka anda bisa membuat judul Cara Mudah Meningkatkan Ranking Alexa.

3. Optimalkan Meta Description

Apa itu Meta description ? Meta deskripsi merupakan deskripsi yang menjelaskan isi artikel kita kepada mesin pencari.meta deskripsi adalah kalimat pada awal artikel.kurang lebih 168 karakter.berikut ini adalah bukti kalau meta description berjumlah 168 karakter

description.png

gambar tersebut saya ambil menggunakan opera mini dg cara melihat html pada sebuah halaman artikel.
contoh Meta description misalnya kata tebal yang berada pada awal artikel ini.

4. Gunakan Keyword density

Keyword density merupakan kata kunci pendukung selain kata kunci utama.keyword density tujuanya adalah untuk memasang keyword ke dua jika ada yang mencarinya.dalam menggunakan keyword density anda bisa meletakkanya di kalimat awal artikel(meta description) atau pada bagian isi artikel.yang penting adalah keyword density harus tersusun rapi.

5. Minimalisir Outbound Link

Apa itu Outbound Link ? Ini adalah Link yang mengarah keluar blog kita.dan ini harus kita minimalkan caranya jika link itu harus ada maka kita dapat menggunakan meta rel=nofollow.hal ini bertujuan agar robot pencari tidak mengikuti link keluar.contoh : <a href=”https://www.fb.com” rel=”nofollow” target=”_ blank”>Outbound LINK</a>

6. Optimasi gambar

Optimasi gambar bertujuan agar posisi gambar dapat bersaing di halaman pencarian gambar.selengkapnya baca
Cara Mengoptimalkan SEO Pada Gambar

7. Loading Blog Ringan
Selain disukai pengunjung Loading blog yang ringan juga disukai mesin pencari,karena mesin pencari akan mudah dalam menjelajah blog kita.selain itu loading blog yang ringan juga bisa menurunkan bounce rate.semakin kecil angka bounce rate maka akan semakin bagus.

Cukup Sekian yang dapat saya sampaikan.apabila ada yang belum jelas silahkan bertanya di komentar.sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Asnur Blog Master SEO Indonesia 2015