ham-di-indonesia.png

contoh-contoh-pelanggaran.jpg

Banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi di indonesia membuktikan bahwa negara gagal dalam menunaikan kewajibanya untuk menghormati,melindungi,dan memenuhi segala kebutuhan dari unsur-unsur bangsa yang ada.
Namun demikian permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia sangat kompleks,sehingga perlu juga ada kesadaran dari semua unsur bangsa untuk saling menghormati dan menghargai hak asasi manusia.

Mengapa terjadi pelanggaran ham ?

Penyebab pelanggaran ham secara umum adalah sebagai berikut :

a. Rendahnya kesadaran manusia

penjelasan : kesadaran manusia dapat diwujudkan dalam bentuk menghargai hak-hak dasar yang telah melekat seperti hak hidup,hak berusaha maupun hak untuk dihargai. Jika keadaran manusia ini rendah maka seseorang akan dengan mudah melanggar hak orang lain. Misalnya mencela,membunuh,menghancurkan tempat usaha orang lain.

b. Rendahnya kesadaran hukum

Penjelasan : kesadaran hukum berkaitan erat dengan kemauan untuk mematuhi segenap peraturan yang ada.rendahnya kesadaran hukum akan berakibat buruk terhadap perlindungan HAM.
Jika hal ini terjadi pada aparat pemerintah dapat mengakibatkan terjadinya penyalah gunaan wewenag dan memungkinkan lahirnya kebijakan publik yang potensial menyebabkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia.begitu juga jika terjadi pada masyarakat pada umumnya,akan berakibat pada berbagai kekerasan di tengah masyarakat.

c. Tingkat pengetahuan tentang HAM yang rendah

Seringkali kita menjumpai berbagai pelanggaran HAM terjadi karena seorang pelanggar HAM memang tidak banyak mengetahui kalau perbuatanya dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM.Misalnya tindakan main hakim sendiri hingga menyebabkan kematian.

Selain faktor secara umum juga ada faktor internal dan eksternal sebagai berikut :

Faktor internal :

1. Tidak toleransi pada orang lain
2. Adanya dendam
3. Keadaan psikologis para pelaku yang kurang baik
4. Sifat egois
5. Tidak memiliki rasa empati dan rasa kemanusiaan
6. Adanya diskriminasi dari orang yang ada dalam kesehariannya

Faktor Eksternal :
1. Perangkat hukum yang tidak tegas dan tidak jelas
2. Kurang berfungsinya lembaga-lembaga penegak hukum
3.Belum meratanya pemahaman tentang HAM
4.Kesenjangan sosial memberikan dampak negatif, terlebih memberikan dorongan untuk melakukan pelanggaran HAM

Pencarian :