Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami sembelit atau susah buang air besar.kejadian sembelit ini disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kekurangan cairan tubuh,kekurangan serat,kekurangan sayur dan buah-buahan.
Frekuensi pengeluaran kotoran orang normal adalah 1-2 kali sehari,sedangkan pada orang yg sedang sembelit(susah buang air besar) Frekuensi pengeluaran kotoranya hanya 3-4 kali dalam seminggu bahkan 1 kali dalam seminggu dan hal ini yg menyebabkan sakit karena kotoran sudah mengeras sehingga dapat menimbulkan wasir oleh karena itu Sebaiknya anda rutin mengkonsumsi makanan di bawah ini :

1.Yogurt


Probiotik yang terkandung dalam yoghurt juga berfungsi membantu penyerapan makanan dan mencegah sembelit selain dapat meningkatkan imunitas. Serangkaian penelitian yang dilakukan terhadap usia 17-50 tahun menunjukan bahwa probiotik ini mampu memberikan peran besar bagi penurunan angka penderita sembelit

2. Buah dan sayuran

sayur & buah-buahan mengandung vitamin dan nutrisi yg baik bagi pencernaan terutama
buah-buahan dan sayuran yang kaya serat seperti pir, apel, alpukat, labu, brokoli,selada, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

3. Biji-bijian


biji-bijian yg baik untuk penderita sembelit misalnya Gandum dan beras merah,yg merupakan biji-bijian yang kaya akan serat, mikronutrien, dan protein. Sebagian besar orang tidak memenuhi kebutuhan serat harian yaitu antara 20 hingga 35 gram serat perharinya. Konsumsilah makanan-makanan yang terbuat dari beras merah atau gandum seperti sereal dan oat. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan kaya serat seperti itu, buang air besar akan lebih lancar.

4. Air

Air juga sangat berperan penting bagi pencernaan,karena air dapat melancarkan pencernaan dan BAB konsumsilah air minmal 8 gelas sehari,dan kurangi kafein dan soda agar lebih efektif dalam penyembuhan

Itulah makanan dan minuman yg dapat mencegah sembelit Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi anda