Tutorial Menanam Backlink Untuk Pemula

Mungkin ini adalah hal sepele bagi seorang yang sudah biasa berkecimpung dalam hal SEO.tapi sebenarnya hal ini tidak bisa disepelekan.karena banyak blogger baru yang masih bingung dalam memahami backlink dengan benar.bahkan tak hanya blogger baru.blogger lama pun yang masih awam dengan hal SEO. terkadang masih melakukan kesalahan.seperti apa kesalahanya ?

Kesalahanya adalah terkadang mereka menanam link mati.padahal percuma link mati tersebut tidak akan terdeteksi mesin pencari.apa itu link mati ? Akan saya bahas nanti.makanya simak baik-baik artikel ini.tapi sebelumnya akan saya bahas dulu mengenai alasan saya memposting artikel ini.

Alasan saya memposting artikel ini adalah sebagai berikut :

1. Request Dari Blogger lain
Sebenarnya ini adalah request dari saudara Budi Wiarta.beliau berkomentar di artikel saya yang berjudul Cara Menanam Backlink Yang Benar.dalam komentarnya. beliau meminta untuk dijelaskan mengenai penanaman backlink beserta gambarnya.dan pada artikel ini .saya akan menjawab pertanyaanyajadi bagi anda yang masih bingung masalah SEO .anda bisa mengajukanya di komentar.nanti akan saya bantu untuk menjawabnya.

2. Kesalahpahaman tentang backlink
ternyata banyak blogger yang masih salah paham tentang backlink.apa saja kesalahanya ? Ada yang menanam backlink dg link mati.apa itu link mati ? Link mati adalah hanya berupa sebuah url saja misalnya http://www.situskamu.com .dan tidak bisa di klik.sedangkan link hidup adalah link yang bisa di klik misalnya Belajar SEO gratis

.selain itu ada lagi satu kesalahan yg sering saya lihat misalnya saja.ada sebuah blog yang sengaja memasang link yang mengarah ke google,facebook,yahoo dengan harapan akan mendapat backlink dari pemasangan link tersebut.padahal hal ini adalah sebuah kesalahan yg besar.karena yg mereka lakukan itu adalah outbound link bukan inbound link/backlink.

Jadi silahkan simak tutorial beserta gambar ini.agar anda tidak mengalami kesalahpaman mengenai backlink.pada tutorial kali ini saya akan mempraktekan menanam backlink di blog berplatform blogspot.

1. Cari Blog blogspot,lalu buka artikel didalamnya.

2.pilih select profile>Name Url(harus blog yang menyediakan name url)

3. Isi Name dan Urlnya.dg url blog anda,kemudian klik continue .contoh bisa lihat gambar dibawah ini.

4. Isi komentarnya,kemudian klik Publish

5. Centang Recaptcha nya.

6. Kemudian klik “Publish”.Maka komentar anda akan muncul seperti ini.

Dan link “MWB Blog” itulah yang disebut backlink.dan itulah yang diberinama link hidup.bagaimana, sudah paham soal menanam backlink ? Jika sudah paham anda bisa membaca tips mengenai menanam backlink berikut ini :

1. Menanam Backlink Tidak Harus Ke Url Utama

biasanya orang menanam backlink mengarahkan ke homepage(url utama) .padahal jika kita mengarahkan linknya ke url postingan.sebenarnya ini juga dapat berdampak baik bagi ranking postingan tersebut di mesin pencari.jadi selain kita menanam backlink yang mengarah ke url utama,kita juga harus menanam link yang mengarah ke url postinga.

2. Tanamlah link blog anda di blog dofollow
Apa itu blog dofollow? Blog dofollow adalah blog yang membiarkan mesin pencari untuk mengikuti link yang tertanam didalamnya.jadi jika kita menanam link blog kita di blog dofollow.dan apabila blog dofollow tersebut sedang dirayapi oleh mesin pencari. link blog kita yang tertanam didalamnya juga akan ikut ditelusuri mesin pencari.lalu masalahnya “Bagaimana Cara Mencari dan Menemukan blog dofollow ?” tenang saja karena saya sudah mempersiapkanya di artikel Cara Mencari dan Menemukan Blog Dofollow .

3. Real and Relevan
Ingat bahwa mesin pencari sangat memperhatikan kenyataan dan kerelevanan.apa maksudnya ? Maksudnya ialah mesin pencari sangat memperhatikan aktifitas suatu situs yang wajar atau tidak wajar. Misalnya situs A dalam sehari menghasilkan 1000 backlink(auto backlink). dan hal ini lah yang membuat mesin pencari melihat ketidakwajaran dari situs A sehingga mesin pencari bisa saja menghapus situs A dari daftar pencarian.oleh karena itu carilah backlink yang wajar kira-kira 10-15 link sehari.dan usahakan tanamlah link di blog yang pembahasanya sama dengan blog kita.hal ini bertujuan untuk membentuk suatu yang relevan.sehingga mesin pencari melihat blog kita sebagai blog yang wajar dan berkualitas.

Pencarian :